Réminiscences de Don Juan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Réminiscences de Don Juan (S/G418) adalah fantasi opera karya Franz Liszt yang ditulis dengan tema-tema dari opera Don Giovanni oleh Mozart. Liszt menggubah karya ini pada tahun 1841 dan mempublikasikan versi dua piano (S/G656) pada tahun 1877. Versi dua piano itu sangat mirip dengan versi originalnya.

Karya ini dimulai oleh bagian opera di mana Commendatore mengancam Don Giovanni di kuburan bahwa tawanya tidak akan bertahan lama ("Di rider finirai pria dell aurora! Ribaldo audace! Lascia a' morti la pace!" — Tawamu tidak akan terdengar lagi setelah matahari terbit. Ingat, bahwa yang mati masih ingat!) dan dua chord yang memulai finalenya. Ini diikuti oleh duet asmara di antara Don Giovanni dan Zerlina ("La ci darem la mano") dan variasi dari duet ini. Fantasi ini diikuti oleh aria Don Giovanni ("Fin ch'han dal vino"), dan akhirnya ancaman Commendatore menutup karya ini.

Karya ini bertolak-belakang dengan kerbanyakan karya fantasi opera zaman itu, parafrasa Don Giovanni karya Liszt adalah sebuah karya yang lebih terkontrol dan penting. Di mana, fantasi opera standar masa itu hanyalah berupa gabungan dari beberapa melodi yang terkenal,

"Karya opera fantasi [Liszt's] yang terbaik,...adalah lebih dari itu: bermacam-macam bagian dari opera diubah dan ini memberi kepentingannya sendiri, walau rasa dramatis musik yang originalnya masih dapat terdengar dan dirasakan". (Charles Rosen, The Romantic Generation, p. 528)

Teknik[sunting | sunting sumber]

Réminiscences de Don Juan adalah sebuah karya yang memperlukan teknik piano tinggi. Karena ini, dan juga karena panjangnya karya ini, ia tidak sering terdengar di konser dan resital piano dibandingkan dengal, misalnya, paraphase ''Rigoletto'' yang lebih ringan dan lebih terkenal.

Walau tidak sesusah Transcendental Studies (Études d'exécution transcendante) karya Liszt, Don Juan fantasi memilliki banyak frasa yang sangat sulit, misalnya bagian tinggi kromatik, atau loncatan yang tinggi yang hampir mencakupi keseluruhan lebarnya keyboard piano. Heinrich Neuhaus mengatakan, "dengan pengecualian Ginsburg, tadak ada siapapun kecuali pianola dapat memainkannya tanpa kesalahan". Anda dapat melihat video dari loncatan yang buruk yang dimainkan oleh Lisitsa di YouTube http://www.youtube.com/watch?v=T2-7-xK5K8s

Alexander Scriabin melukai tangannya ketika mempelajari karya ini dan menulis mars kematian sonata pertamanya untuk tangannya yang terluka.

Rekomendasi rekaman[sunting | sunting sumber]

  • Earl Wild
  • Grigory Ginsburg
  • Tamas Vasari
  • Marc-Andre Hamelin
  • Matthew Cameron
  • Simon Barere
  • Valentina Lisitsa
  • Lang Lang (pianist)

Jika Anda melihat halaman yang menggunakan templat {{stub}} ini, mohon gantikan dengan templat rintisan yang lebih spesifik. Terima kasih.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]