Qin Hou

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Markis Qin
秦侯
Negara Qin
Berkuasa857–848 SM
PendahuluFeizi
PenerusGongbo
Informasi pribadi
Kematian848 SM
WangsaWangsa Ying
AyahFeizi
AnakGongbo

Markis Qin (Hanzi: 秦侯; Pinyin: Qín Hóu, †848 SM) merupakan penguasa kedua negara Qin Tiongkok kuno, didirikan ketika ayahandanya Feizi diberikan sebuah fief di Qin oleh Raja Xiao dari Zhou. Markis Qin menggantikan ayahandanya, yang meninggal pada tahun 858 SM, dan memerintah selama sepuluh tahun. Dia meninggal pada tahun 848 SM dan digantikan oleh putranya Gongbo.[1] Marga Tionghoanya Ying (Hanzi: ), tetapi nama pribadinya tidak diketahui.

Meskipun Qin akhirnya akan berkembang menjadi kekuatan besar yang akan menaklukkan semua negara Tiongkok lainnya dan menyatukan Tiongkok pada tahun 221 SM untuk memulai Dinasti Qin, pada masa Markis Qin itu masih merupakan negara kecil dari Dinasti Zhou Barat yang diklasifikasikan sebagai "negara terlampir" (附庸, fuyong). Para penguasa Qin tidak menerima peringkat bangsawan sampai empat generasi kemudian pada masa pemerintahan Adipati Xiang dari Qin, jadi "Markis Qin" mungkin merupakan gelar kehormatan anumerta yang digunakan oleh keturunannya untuk merujuk kepadanya.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sima Qian. 秦本纪 [Annals of Qin]. Records of the Grand Historian (dalam bahasa Chinese). guoxue.com. Diakses tanggal 29 April 2012. 
  2. ^ Han, Zhaoqi (2010). "Annals of Qin". Annotated Shiji (dalam bahasa Chinese). Zhonghua Book Company. hlm. 348. ISBN 978-7-101-07272-3. 
Qin Hou
Meninggal: 848 SM
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Feizi
Pemimpin Qin
857–848 SM
Diteruskan oleh:
Gongbo