Pundungsari, Trucuk, Klaten

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pundungsari
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenKlaten
KecamatanTrucuk
Kode pos
57467
Kode Kemendagri33.10.06.2007
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Pundungsari adalah desa di kecamatan Trucuk, Klaten, Jawa Tengah, Indonesia.

SEJARAH[sunting | sunting sumber]

Dulunya nama desa ini adalah semawung,karena sebab politis nama tersebut diubah Pundungsari.Mengalami perubahan pusat pemerintahan dari Dk.Mawung bergeser keselatan, menempati tanah kas desa, berjejer dengan SD Pundungsari.

PEMERINTAHAN[sunting | sunting sumber]

Ka-des saat ini adalah Aris Sriyono.(2013-2017). Desa ini mengalami kekosongan jabatan SekDes atau Carik desa dan Kepala Dusun wilayah kadus 2.

PEMBANGUNAN[sunting | sunting sumber]

pembangunan desa ini berkembang cukup pesat, yang dipelopori oleh PNPM mandiri, dengan tiem yang solid yang dimotori oleh Sdr.Giman,Komar,Sdri.Nining,dkk. Sehingg infrastruktur yag ada banyak mengalami perubahan baik jalan kampung,jembatan,talud dll. Dahulu desa ini tergolong desa IDT, kini pembangunan merata di berbaga bidang, sehingga meningkatkan taraf hidup penduduknya

MATA PENCAHARIAN[sunting | sunting sumber]

Pencarian penduduk adalah petani,pedagang,dan pegawai,. Pernah tercatat desa ini memiliki industri rumahan antara lain mainan anak-anak. Lahan pertanian yang ada adalah sawah tadah hujan, dengan 3 musim panen,2x padi dan 1 palawija

PENDIDIKAN[sunting | sunting sumber]

Lembaga pendidikanpun ada antara lain, Tk pertiwi/asyah.Paud Cempaka,dan SD Pndungsari. sedangkan pendidikan warganya sudah dapat membebaskan dari B3B.