Puncak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Puncak tertinggi di dunia

Puncak adalah bagian paling atas pada gunung. Jika dianalogikan pada segitiga berarti titik sudut yang berhadapan pada garis dasar.[1] Dibandingkan dengan permukaan lainnya, puncak memiliki titik lebih tinggi dari titik yang berbatasan langsung dengannya. Istilah lain yang merujuk pada puncak adalah bagian tertinggi dari sebuah rute atau jalur pendakian. UIAA memberikan batasan puncak gunung memiliki ketinggian setidaknya 300 meter (980 kaki). Jika kurang dari itu, maka tidak termasuk dalam puncak gunung.[2]

Gunung Everest menjadi puncak tertinggi di dunia dengan ketinggian 8848,86 meter di atas permukaan laut (29.032 kaki). Pada 1953, Tenzing Norgay dan Sir Edmund Hillary menjadi pendaki resmi pertama yang mencapai puncaknya.[3][4]

Tujuh puncak di dunia[sunting | sunting sumber]

Puncak Everest, Tibet

Puncak Everest dengan ketinggian 8848,86 meter di atas permukaan laut. Puncaknya membentang sepanjang Nepal hingga Tibet.

Puncak Aconcagua, Amerikas Selatan

Aconcagua merupakan puncak tertinggi kedua di dunia dengan ketinggian 6.959 meter di atas permukaan laut. Lokasinya di negara Argentina dekat perbatasan Chili.

Puncak Gunung McKinley, Amerika Utara

McKinley adalah puncak tertinggi ketiga di dunia, sekaligus tertinggi di wilayah Amerika Utara. Gunung McKinley juga sering disebut sebagai Denali.

Puncak Kilimanjaro, Afrika

Kaiser-Wilhelm-Spitze atau dikenal dengan kilimanjaro merupakan sebuah gunung di Afrika dengan ketinggian 5.895 meter di atas permukaan laut. Lokasinya berada di kawasan timur laut Tanzania.

Puncak Elbrus, Kaukasus

Puncak Elbrus merupakan gunung yang terletak di negara Rusia yang berbatasan dengan Georgia. Gunung ini memiliki ketinggian 5.642 meter di atas permukaan laut.

Puncak Vinson Massif, Antartika

Puncak Vinson Massif dengan ketinggian 4.897 meter di atas permukaan laut merupakan wilayah pegunungan terbesar di wilayah Antartika. Lokasinya terletak di dilayah pegunungan Ellsworth.

Puncak Jayawijaya, Indonesia

Puncak Jaya merupakan puncak tertinggi di Indonesia sekaligus sebagai tujuh puncak tertinggi di dunia. ketingian punjak jayawijaya mencapai 4884 meter di atas permukaan laut. Gunung yang wilayahnya berada di provinsi Papua ini juga dikenal sebagai gunung cartenz.

Tujuh puncak di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Puncak Jaya

Lokasi Puncak Jaya berada di Papua dengan ketinggian 4884 meter di atas permukaan laut. Salju abadi menyelimuti puncak gunung karang sepanjang tahun yang juga dinobatkan sebagai salah satu dari tujuh puncak di dunia. Ilaga dan Sugapa adalah dua jalur yang bisa ditempuh oleh pendaki yang memiliki keahlian panjat tebih yang mumpuni.[5]

Puncak Kerinci

Lokasinya berada di pulau sumatera, perbatasan antara provinsi sumatera barat dengan jambi. Puncak gunung ini memiliki ketinggian 3.905 meter di atas permukaan laut. Gunung Kerinci juga dinobatkan sebagai gunung berapi tertinggi di wilayah Asia bagian tenggara.

Puncak Semeru

Lokasinya berada di Pulau Jawa, perbatasan antara Kabupaten Malang dengan Lumajang. Puncak gunung ini memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut. Kawah gunung semeru juga masih aktif dalam mengeluarkan abu vulkanik kurang lebih 20 menit sekali.

Puncak Rinjani

Gunung berapi aktif tertinggi kedua di Indonesia ini terletak di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Untuk mencapai puncak 3.726 meter di atas permukaan laut bisa dengan jalur sembalun ataupun senaru.

Puncak Bukit Raya

Puncak Bukit Raya memiliki ketinggian 2.278 meter di atas permukaan laut, lokasinya yang berada diperbatasan Kalimantan Barat dengan Kalimantan Tengah. Puncak tertinggi di pulau Kalimantan ini bukan gunung berapi.

Puncak Latimojong

Puncak Latimojong berada di Pulau Sulawesi Provinsi Sulawesi Selatan dengan ketinggian 3.430 meter di atas permukaan laut. Puncak tertingginya bernama puncak Rantemario. Jika beruntung dalam pendakian bisa melihat anoa dan babi rusa yang menjadi hewan endemik Sulawesi.

Puncak Binaiya

Puncak Binaiya terletak di Pulau Seram Provinsi Maluku dengan ketinggian 3.027 meter di atas permukaan laut. Puncak gunung Binaia termasuk pegunungan karts dan tidak aktif.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Puncak". Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring. Diakses tanggal 08/02/2022. 
  2. ^ ""MOUNTAIN CLASSIFICATION"". UIAA – International Climbing and Mountaineering Federation. Diakses tanggal 2022-02-03. 
  3. ^ Yons, Kate (2017-05-21). ""Mount Everest's Hillary Step has collapsed, mountaineer confirms"". The Guardian. ISSN 0261-3077. Diakses tanggal 2022-02-03. 
  4. ^ "Everest". National Geographic. Diakses tanggal 2022-02-03. 
  5. ^ "Mengenal Seven Summit Indonesia". Kemenparekraf. Diakses tanggal 2022-02-03.