Pulau Phillip

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pulau Phillip.
Pemandangan pantai di Pulau Phillip.
Pantai di Pulau Phillip.
Pantai di Pulau Phillip.

Pulau Phillip adalah sebuah pulau di Victoria, Australia, yang membentuk tanggul alami untuk melindungi satwa di perairan dangkal Western Port Bay. Luas pulau terdiri dari panjang 26 kilometer dan bagian yang terlebar 9 kilometer dengan jumlah luas wilayah keseluruhan 10.300 hektar. Di pulau ini terbentang 97 kilometer wilayah pantai. Sebuh jembatan tembok dengan panjang 640 meter yang menghubungkan pulau ini dari San Remo, kota kecil di pinggir pulau induk (Australia) menuju Newhaven, kota kecil pertama yang di jumpai di pulau Phillip. Pada tahun 2005/2006, populasi di pulau ini mencapai 7.000 orang, tapi pada musim kemarau jumlah penduduk membengkak menjadi 40.000 orang. 60% dari jumlah wilayah pulau diprioritaskan sebagai wilayah rerumputan untuk peternakan domba dan sapi.

Sebagian besar daerah Bast Coast adalah daerah tujuan pariwisata. Daerah ini dikunjungi oleh 3,5 juta wisatawan setiap tahun. Parade penguin adalah obyek pariwisata utama di pulau Phillip, di mana wisatawan dari seluruh dunia datang untuk melihat satu-satunya tempat untuk melihat penguin jenis ini. Selain itu terdapat atraksi pariwisata lain yang paling populer yaitu "Seal Rock" di mana terdapat anjing laut jenis "fur" (berbuluh) yang terbanyak di Australia (mencapai 16.000).

Langit di atas pulau Phillip juga menjadi atraksi tersendiri ketika kelelawar laut mulai tiba di Phillip island setelah meyelesaikan penerbangan panjang (16.000km) dari Selat Bering sekitar Kepulauan Aleutian dekat Alaska. Mereka datang untuk berkembang biak dengan jalan membuat sarang pada dinding-dinding pasir pantai. Pada musim kemarau, lebih dari satu juta kelelawar laut bermukim di pulau Phillip. Pada tahun 1996 pemerintah membentuk organisasi nirlaba yang diberi nama Phillip Island Nature Park yang bertugas untuk melindungi satwa di Phillip island

Pada malam tahun baru pulau ini menjadi tuan rumah untuk merayakan Pyramid Rocks Festival.

Pulau ini juga terkenal karena memiliki debur ombak yang konsisten dengan tingkat kesulitan yang ber-variasi cocok untuk kondisi selancar. Phillip Island telah banyak menyelenggarakan dan menjadi tuan rumah perlombaan selancar tingkat dunia, seperti the Rip Curl Pro pada tahun 2005 (saat itu keadaan ombak di Bells Beach tidak menyenangkan) dan pada tahun yang sama juga di selengarakan the Roxy Pro Women's Festival.

Memancing adalah industri tetap dan sebagai atraksi wisata di pulau ini. Snapper(tongkol atau tanya orang b Bugis), King George White (tanya orang Bajo), School Shark(hiu karang), Gummy Shark(hiu pasir)adalah jenis ikan yang sering di tangkap di perairan sekitar.

Pada hari2 raya dan liburan, kemacetan lalu lintas selalu terjadi. Jalan utama (phillip Island Road yang membentang dari Newhaven to Cowes biasanya beroperasi menggunakan dua jalur. Untuk membantu efisiensi laju lalu lintas, garis berwarna biru akan di pakai untuk menambah jalur tambahan. Mengurangi batas kecepatan akan berlaku pada saat2 seperti itu.

Air di Phillip Island di pasok dari Candowie Reservoir yang di tangani oleh Westernport Water. Pada tahun 2006 Australia di deritai oleh kekeringan yang berkepanjangan ( lihat Drought in Australia). Menjelang akhir 2006, Westernport Water menyadari bahwa jumlah air sangat sedikit untuk pertama kalinya. Hal ini justru di per-parah oleh mendekatnya musim liburan. Mereka memeutuskan untuk mencari air dengan jalan di bor dan membuahkan hasil, mereka memnemukan air di bawah bukit Anderson. Temuan ini akan menghasilkan 1 juta liter per hari dan akan menutupi 15% dari permintaan yang di perkirakan. Sumber air juga di perkirakan akan di temui di King Rd di Bass dan Corinella. larangan pemakaian air tahap 4 masih di tempatkan di Phillip island.

Pipa gas masih belum di sambung ke pulau. Semua hal yang bersangkutan dengan gas masih menggunakan gas botol.


Pranala luar[sunting | sunting sumber]