Pulau Mona

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Peta Pulau Mona

Pulau Mona (Bahasa Spanyol: Isla de la Mona ) adalah pulau terbesar ketiga di Puerto Rico , setelah pulau utama Puerto Rico dan Vieques . Pulau ini berukuran sekitar 11 km dengan lebar 7 km . Pulau ini terletak 66 km sebelah barat dari Puerto Rico.

Nama asli diberikan ke pulau oleh Suku Indian Taíno adalah Amona, yang berarti "apa yang ada di tengah", mengacu pada perjalanan antara pulau-pulau Puerto Rico dan Hispaniola . Ini adalah salah satu dari dua pulau yang membentuk Isla de Mona e Islote Monito Barrio dari Mayagüez, Puerto Rico .

Pulau ini merupakan cagar alam dan meskipun tidak ada penduduk yang menetap, penjaga dari Departemen pulau Sumber Daya Alam dan Lingkungan berada di pulau ini untuk mengelola pengunjung dan melakukan proyek-proyek penelitian.

Pulau ini ditemukan oleh Columbus tahun 1493, selama perjalanannya yang kedua ke Dunia Baru. Pulau Mona telah menjadi cagar alam sejak 1919 dan tak berpenghuni lebih dari 50 tahun.

Karena topografi dan ekologi yang unik maka Mona, Desecheo dan Monito telah dijuluki sebagai "Kepulauan Galapagos Karibia". Iguana Mona yang tidak ditemukan di tempat lain di dunia, dianggap spesies yang paling spektakuler di pulau itu.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]