Pulau Horsburgh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pulau Horsburgh berada di sebelah utara Kepulauan Cocos (Keeling) bagian selatan

Pulau Horsburgh, yang dalam Bahasa Melayu Cocos dikenal sebagai Pulo Luar atau Pulu Luar, adalah salah satu pulau di Kepulauan Cocos (Keeling). Di pulau yang luasnya 1,04 km² itu, terdapat sebuah laguna kecil di bagian timur laut pulau.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada 1941, selama Perang Dunia II, senjata meriam dipasang di titik paling selatan pulau yang diawaki pasukan Ceylon. Pemberontakan Kepulauan Cocos dimulai di pulau itu. Pada tanggal 8-9 Mei 1942, Artileri Ceylon Garrison, yang sebagian besar merupakan personel militer yang didatangkan dari Teritori Inggris Ceylon, memberontak di pulau itu pada malam harinya. Mereka berencana untuk melakukan penangkapan terhadap komandan mereka, George Gardiner dan Henry Stephens, dan berniat untuk menyerahkan kepulauan kepada Jepang. Perlu dicatat bahwa Jepang sedikit pun tidak terwakili dalam pemberontakan tersebut.[1][2] [3]

Pemberontakan berhasil dihentikan dan pemimpinnya, Gratien Fernando, dan kedua rekan militernya dieksekusi pada Agustus 1942. Delapan anggotanya yang tersisa dihukum dalam pengadilan militer, menerima pemenjaraan dan kerja paksa. Sebagian dari mereka dibebaskan dari hukuman mati dan digantikan dengan kerja paksa.

Peristiwa tersebut merupakan bagian dari Pemberontakan Kepulauan Cocos (Keeling).[3] Saat ini senjata meriam tersebut diamankan dan menjadi milik negara. [4].

Nama pulau ini berasal dari nama terakhir James Horsburgh, yang merupakan seorang hidrografer EIC dan penulis dari buku panduan navigasi yang berjudul Directions for Sailing to and from the East Indies, China, New Holland, Cape of Good Hope, and the interjacent Ports, compiled chiefly from original Journals and Observations made during 21 years' experience in navigating those Seas. Buku Panduan Horsburgh ini menjadi standar pekerjaan untuk navigasi oriental pada awal abad ke-19, hingga survei yang dilakukan Robert Moresby tentang Kepulauan Samudera Hindia di mana peta atol-atol paling akurat pertama dalam sejarah, seperti peta Kepulauan Cocos (Keeling), diterbitkan.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Pulau Horsburgh pada peta Kepulauan Cocos (Keeling) bagian selatan tahun 1889
Pulau Horsburgh pada peta Kepulauan Cocos (Keeling) tahun 1976

Pulau Horsburgh terletak 25 km sebelah selatan dari Pulau Keeling Utara, 2.940 km sebelah barat dari Perth, 3.695 km sebelah barat dari Darwin, 960 km sebelah barat dari Pulau Natal, dan lebih dari 1000 km sebelah barat dari Pulau Jawa dan Sumatra. Pulau itu adalah rumah bagi berbagai jenis burung laut. Jenis flora di pulau itu tidak begitu memiliki keragaman yang khas, terutama penyebaran keluarga monokotil palem.[5] Kehidupan laut di perairan pesisir cukup beragam dan ditandai dengan banyaknya jenis fauna laut.

Referensi[sunting | sunting sumber]