Pulau Ganghwa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pulau Ganghwa
Situs Dolmen Ganghwa
Hangeul 강화도
Hanja 江華島
Alih Aksara yang Disempurnakan Ganghwado
McCune–Reischauer Kanghwado

Pulau Ganghwa (Ganghwa-do) adalah sebuah pulau yang terletak di pesisir barat Semenanjung Korea, dekat dengan muara Sungai Han.[1] Dihubungkan dengan kota Gimpo di daratan utama Korea dengan jembatan. Pulau Ganghwa digabungkan dengan Kota Metropolitan Incheon sejak tahun 1995 dan menjadi bagian barat kota tersebut. Pulau ini dijadikan sebagai tempat berlindung serta ibukota darurat Dinasti Goryeo (918-1392) selama 38 tahun pada saat peristiwa Invasi Mongol (1232-1270). Karena letaknya yang strategis, yaitu sebagai pelindung ibukota, Pulau Ganghwa seringkali menjadi lokasi pertempuran antar bangsa yang hendak memasuki Seoul.

Situs bersejarah[sunting | sunting sumber]

Banyak situs bersejarah dan peninggalan perang yang tersisa di pulau ini dan menjadi objek wisata sejarah. Selain itu, pulau ini dikenal sebagai salah satu situs penting yang memiliki dolmen, batu dari periode megalitikum. Beberapa situs penting antara lain:

  • Benteng Gunung Ganghwa, dibangun untuk melindungi ibukota darurat Dinasti Goryeo. Selanjutnya pada periode Dinasti Joseon (1392-1910), diperkuat untuk menangkis serangan bangsa asing yang menyerbu Korea, seperti Invasi Qing (1627), kapal perang Jepang (1875), kapal perang Perancis (1866) dan kapal perang Amerika Serikat (1871).
  • Benteng Chojijin, tempat mendaratnya pasukan Perancis (1866), pasukan Amerika Serikat (1871).
  • Gunung Mani (Mani-san), gunung yang dikeramatkan karena dipercaya menjadi tempat Dangun mengadakan upacara kurban di tiap musim semi dan gugur di sebuah altar yang dinamakan Chamseongdan. Tempat ini ramai dikunjungi oleh para peziarah pada Gaecheonjeol, setiap tanggal 3 Oktober.
  • Situs Dolmen Ganghwa, memiliki lebih dari 120 buah dolmen, salah satunya menjadi yang terbesar di Korea. Situs ini dilestarikan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2000.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sŏ, Chŏng-su; Bernard Rowan, Yoon-jung Cho (2004). Encyclopedia of Korean culture. Seoul: Hansebon. ISBN 8-9747-6148-3.