Pseudosuchia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pseudosuchia
Periode Trias AwalHolosen,
250–0 jtyl

Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasReptilia
Tanpa nilaiPseudosuchia
Zittel, 1887
Tata nama
Sinonim takson
  • Crocodylotarsi Benton & Clark, 1988[1]
Subkelompok

Pseudosuchia adalah salah satu dari dua pembagian Archosauria, termasuk crocodilia dan seluruh archosaurus yang lebih dekat ke crocodilia daripada burung. Pseudosuchia juga diketahui secara informal sebagai "archosaurus garis buaya". Sebelum 2011, clade Pseudosuchia sering disebut Crurotarsi mengacu pada pergelangan kaki crurotarsal yang ditemukan di hampir semua anggota kelompok, yang secara tradisional termasuk phytosauria, Ornithosuchidae, dan Suchia. Namun, studi utama 2011[2] mengenai kekerabatan archosaurus Trias mengajukan bahwa phytosauria tidak dekat dengan "crurotarsan" tradisional lain, setidaknya dibandingkan dengan "archosaurus garis burung" (Avemetatarsalia) seperti pterosaurus dan dinosaurus. Hasilnya, kepemilikan pergelangan kaki crurotarsal dianggap sebagai fitur plesiomorfik ("primitif") dipertahankan oleh pseudosuchia. Crurotarsi sekarang merujuk kepada kelompok reptil yang lebih luas termasuk Pseudosuchia, Phytosauria, dan Avemetatarsalia. Meskipun Pseudosuchia berarti "buaya palsu", nama itu keliru karena buaya sejati adalah bagian dari kelompok tersebut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Benton, Michael J.; Clark, James M. (1988). "Archosaur phylogeny and the relationships of the Crocodylia". Dalam Benton, Michael J. Phylogeny and Classification of the Tetrapods. 1. Oxford: Clarendon Press. hlm. 295–338. [pranala nonaktif permanen]
  2. ^ Nesbitt, S.J. (2011). "The early evolution of archosaurs: relationships and the origin of major clades". Bulletin of the American Museum of Natural History. 352: 1–292. doi:10.1206/352.1. hdl:2246/6112. 

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Gauthier, J. (1986). "Saurischian monophyly and the origin of birds". Dalam Padian, K. The Origin of Birds and the Evolution of Flight. Memoirs California Academy of Sciences. 8. hlm. 1–55. 
  • Senter, P. (2005). "Phylogenetic taxonomy and the names of the major archosaurian (Reptilia) clades". PaleoBios. 25 (2): 1–7. 
  • Sereno, P. C. 2005. Stem Archosauria—TaxonSearch [version 1.0, 7 November 2005]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]