Provinsi Phichit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
พิจิตร
Phichit
Peta Thailand menunjukkan Provinsi Phichit
Statistik
Luas wilayah: 4.531 km²
Jumlah penduduk: 572.989
Kepadatan: 126 pen./km²

Phichit (bahasa Thai: พิจิตร) adalah salah satu provinsi (changwat) di Thailand bagian utara. Provinsi-provinsi yang bertetanggaan (dari utara, searah putaran jarum jam) adalah Phitsanulok, Phetchabun, Nakhon Sawan, dan Kamphaeng Phet.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Luang Pho Phet, Wat Tha Laung, Provinsi Phichit

Sungai Nan dan Yom mengalir melalui Provinsi Phichit, sebelum mereka menyatu dengan Sungai Chao Phraya. Provinsi ini sebagian besarnya terdiri dari dataran rendah bersungai yang subur, menjadikan padi dan teratai sebagai tanaman utama.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ibu kota provinsi ini adalah Kota Phichit. Kota Phichit didirikan pada tahun 1058 oleh Phraya Kotabongthevaraja, dan pernah menjadi bagian dari Kerajaan Sukhothai, dan kemudian Ayutthaya.

Nama kota Phichit berubah beberapa kali. Yang paling terdahulu disebut Sra Luang (kota kolam kerajaan), pada zaman Ayutthaya ia disebut Okhaburi (kota di dalam rawa), dan akhirnya menjadi Phichit (kota yang indah).

Lambang[sunting | sunting sumber]

Lambang provinsi menggambarkan sebuah kolam, yang merujuk pada nama kuno Phichit, Mueang Sra Luang (yang berarti kota kolam kerajaan). Pohon Banyan di depan merujuk pada candi Wat Pho Prathab Chang. Candi ini dibikin pada tahun 1669-1671 oleh Raja Luang Sorasak, yang lahir di Desa Pho Prathab Chang, di antara Pohon Banyan dan Pohon Bodhi.

Bendera Phichit memuat lingkaran stempel provinsi di tengah. Bendera ini memiliki tiga pita hijau dan dua pita putih yang mendatar, dengan pita tengah yang dihalangi oleh stempel di tengahnya.

Pohon khas provinsi adalah Dewadaru Mesua ferrea, bunga khas provinsi adalah Teratai (Nymphaea lotus).

Semboyan provinsi (terjemahan kasar) adalah:

Provinsi Chalawan, Raja Buaya, balap perahu tahunan yang menyenangkan dan menggairahkan, tanah berpadi yang elok dan pomelo Tha Khoi yang lezat; ibu kota provinsi adalah Luang Phor Phet.

Pembagian administratif[sunting | sunting sumber]

Peta distrik di Provinsi Phichit

Provinsi ini dibagi menjadi 12 distrik (amphoe). Masing-masing distrik ini dibagi-bagi lagi menjadi 89 subdistrik (tambon) dan 852 desa (muban).

  1. Mueang Phichit
  2. Wang Sai Phun
  3. Pho Prathap Chang
  4. Taphan Hin
  5. Bang Mun Nak
  6. Pho Thale
  1. Sam Ngam
  2. Tap Khlo
  3. Sak Lek
  4. Bueng Na Rang
  5. Dong Charoen
  6. Wachirabarami

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 16°26′38″LU 100°20′52″BT / 16,44389°LU 100,34778°BT / 16.44389; 100.34778