Program Surveyor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Apollo12ConradSurveyor.jpg
Surveyor lander.png

Program Surveyor adalah sebuah program NASA dari tahun 1966 sampai 1968, mengirimkan tujuh pesawat robot ruang angkasa ke permukaan Bulan. Tujuan utamanya adalah untuk menunjukkan kelayakan pendaratan lembut di Bulan. Misi menyerukan pesawat untuk perjalanan langsung ke Bulan pada dampak lintasan, pada sebuah perjalanan yang berlangsung 63-65 jam, dan berakhir dengan perlambatan lebih dari tiga menit untuk pendaratan-lunak. Program ini dilaksanakan oleh NASA Jet Propulsion Laboratory (JPL) untuk mempersiapkan program Apollo. Total biaya program Surveyor secara resmi $ 469.000.000.

Lima dari pesawat Surveyor berhasil mendarat-soft di bulan, termasuk yang pertama. Dua lainnya gagal: Surveyor 2 jatuh pada kecepatan tinggi setelah koreksi di tengah jalan gagal, dan Surveyor 4 hilang untuk menghubungi (mungkin meledak ) 2,5 menit sebelum dijadwalkan sentuhan-down.

Ketujuh pesawat ruang angkasa masih di Bulan, tidak satupun dari misi termasuk mengembalikan mereka ke Bumi. Beberapa bagian dari Surveyor 3 yang kembali ke bumi oleh awak Apollo 12, yang mendarat dekat itu pada tahun 1969. Kamera dari pesawat ini dipamerkan di Air and Space Museum Nasional di Washington , DC.

Referensi[sunting | sunting sumber]