Program Lunokhod

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lunokhod-mission.jpg
Soviet moonrover.JPG
TNA-400.jpg

Lunokhod (Rusia: Луноход, "Moonwalker") adalah serangkaian robot lunar rover Soviet yang dirancang untuk mendarat di Bulan antara 1969 dan 1977. Tahun 1969 Lunokhod 1A hancur selama peluncuran, 1970 Lunokhod 1 dan 1973 Lunokhod 2 mendarat di bulan dan 1977 Lunokhod tidak pernah diluncurkan. Misi sukses yang beroperasi bersamaan dengan Zond dan seri misi bulan Luna flyby, pengorbit dan mendarat. Lunokhod terutama dirancang untuk mendukung misi bulan berawak Soviet dan untuk digunakan sebagai robot otomatis remote control untuk menjelajahi permukaan dan gambar kembali. Lunokhod diangkut ke permukaan bulan oleh pesawat ruang angkasa Luna, yang diluncurkan oleh roket Proton. Bagian pendarat bulan dari pesawat ruang angkasa Luna untuk Lunokhods mirip dengan yang untuk sampel misi kembali. Lunokhod dirancang oleh Alexander Kemurdjian[1] di NPO Lavochkin. Tidak sampai tahun 1997 Mars Pathfinder adalah kendaraan lain remote control memakai badan luar angkasa. Pada tahun 2010, hampir empat puluh tahun setelah 1971 hilangnya sinyal dari Lunokhod 1, NASA Lunar Reconnaissance Orbiter difoto jalurnya dan lokasi akhir, dan peneliti, dengan menggunakan teleskopik berdenyut laser rangefinder, terdeteksi retroreflektor robot.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lunochod's chief designer is dead (250). Cosmic Mirror. March 6, 2003. 
  2. ^ Bleicher, Ariel (August 2010). "Forgotten Soviet Moon Rover Beams Light Back to Earth". IEEE Spectrum. 

Vinogradov, A. P., ed. (1971). Peredvizhnaya Laboratoriya na Lune Lunokhod-1. Tom 1 (dalam bahasa Russian). Moscow: Nauka. 

  • Barsukov, V. L., ed. (1978). Peredvizhnaya Laboratoriya na Lune Lunokhod-1. Tom 2 (dalam bahasa Russian). Moscow: Nauka. 

Media tentang Lunokhod program di Wikimedia Commons