Program Lunar Orbiter

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lunar orbiter 1 (large).jpg
Lunar Orbiter camera (large).jpg
Comparison between original and LOIRP result.jpg

Program Lunar Orbiter adalah serangkaian lima misi pengorbit bulan tanpa awak yang diluncurkan oleh Amerika Serikat dari tahun 1966 sampai 1967. Dimaksudkan untuk membantu memilih lokasi pendaratan Apollo dengan memetakan permukaan Bulan,[1] mereka menyediakan foto-foto pertama dari orbit lunar.

Semua kelima misi sukses, dan 99% dari bulan dipetakan dari foto yang diambil dengan resolusi 60 meter (200 kaki) atau lebih baik. Yang pertama dari tiga misi yang didedikasikan untuk pencitraan 20 tempat pendaratan lunar berawak potensial, dipilih berdasarkan pengamatan berbasis Bumi. Ini diterbangkan pada orbit inklinasi rendah. Misi keempat dan kelima yang dikhususkan untuk tujuan ilmiah yang lebih luas dan diterbangkan ketinggian orbit polar. Lunar Orbiter 4 difoto seluruh nearside dan 9% dari sisi yang jauh, dan Lunar Orbiter 5 menyelesaikan cakupan sisi jauh dan menengah yang diperoleh (20 m(66 kaki)) dan tinggi (2m(6ft 7in)) gambar resolusi 36 daerah yang dipilih sebelumnya. Semua pesawat angkasa Lunar Orbiter diluncurkan oleh kendaraan peluncuran Atlas-Agena D.

Lunar pengorbit memiliki sistem pencitraan cerdik, yang terdiri dari kamera dual-lensa, unit pemrosesan film, scanner pembacaan, dan alat penanganan film. Kedua lensa, 610 mm (24in) sudut lensa sempit resolusi tinggi (HR) dan 80 mm (3.1 in) lensa wide angle resolusi menengah (MR), ditempatkan eksposur bingkai mereka pada roll tunggal 70 mm film. Sumbu dari dua kamera yang bertepatan sehingga daerah dicitrakan dalam bingkai HR dipusatkan dalam wilayah bingkai MR. Film ini dipindahkan saat terpapar untuk mengimbangi kecepatan pesawat ruang angkasa, yang diperkirakan oleh sensor elektro-optik. Film ini kemudian diproses, scan, dan gambar ditransmisikan kembali ke bumi.

Selama misi Lunar Orbiter, foto pertama Bumi secara keseluruhan diambil, dimulai dengan Bumi bertingkat di atas permukaan bulan oleh Lunar Orbiter 1 pada bulan Agustus, 1966. Gambaran lengkap pertama dari seluruh bumi diambil oleh Lunar Orbiter 5 pada tanggal 8 Agustus 1967.[2] Sebuah foto kedua dari seluruh bumi diambil oleh Lunar Orbiter 5 pada 10 November 1967.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bowker, David E. and J. Kenrick Hughes, Lunar Orbiter Photographic Atlas of the Moon [1], NASA SP-206 (1971).
  2. ^ "Whole Earth". Lunar Orbiter V. NASA. August 8, 1967. hlm. 352. Diakses 2008-12-24. "Clearly visible on the left side of the globe is the eastern half of Africa and the entire Arabian peninsula."  Unknown parameter |-image-url= ignored (help)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

The above links lead to a whole book on the Lunar Orbiter program. For the HTML one, scroll down to see the table of contents link.