Program Pemuda Berprestasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Berkas:PPB.jpeg
Logo PPB. Web: [https://web.archive.org/web/20140226112056/http://programpemudaberprestasi.org/ Diarsipkan 2014-02-26 di Wayback Machine. www.programpemudaberprestasi.org

]

Program Pemuda Berprestasi adalah program beasiswa pembinaan yang mengedepankan keseimbangan antara IPTEK dan IMTAQ. Program ini adalah bentuk dari Youth Social Responsibility yang bersifat nonpolitik dan nonprofit untuk mencetak para pemimpin muda, generasi penerus bangsa yang berkualitas, baik dari segi intelektual, emosional, dan spiritual.

Sasaran dari program ini adalah siswa-siswi tingkat SMA. Hal ini karena bahwa SMA memiliki peran strategis dalam menciptakan dan membentuk para siswa yang merupakan iron stock bangsa. Dan karena para pengusung program ini adalah alumni dari SMA Negeri 81 Jakarta maka sekolah tersebut menjadi titik awal implementasi dari program ini. Namun target jangka panjang PPB ini adalah bahwa program ini dapat diterapkan di SMA-SMA unggulan di Jakarta sehingga akan tercipta generasi muda strategis.

Program[sunting | sunting sumber]

Program Rutin[sunting | sunting sumber]

  1. Beasiswa : Setiap peserta akan mendapatkan beasiswa SPP setiap bulan.
  2. Bimbingan Belajar : Bimbingan belajar merupakan program untuk meningkatkan kemampuan akademis peserta yang difokuskan pada mata pelajaran Fisika, Kimia, Bahasa Inggris, dan Matematika dengan menghadirkan para pengajar yang kompeten dalam bidangnya dari berbagai universitas ternama di Indonesia. Bimbingan belajar diadakan setiap hari Sabtu selama dua jam dengan dua mata pelajaran yang berbeda.
  3. Kajian Islam Pekanan : Untuk menyeimbangkan sisi intelektualitas, para peserta akan diberikan bimbingan kajian Islam setiap pekan yang akan disampaikan oleh seorang mentor. Materi-materi yang diberikan seputar ilmu tajwid, kisah hidup Rasulullah SAW, sejarah dan materi-materi tematik.
  4. Center of Excellence : Center of Excellence adalah kumpulan target yang harus dicapai oleh peserta yang mencakup aspek akademik dan ibadah. Aspek akademik meliputi target nilai semua mata pelajaran, di mana nilai ujian maupun nilai raport harus melebihi angka 82. Aspek ibadah meliputi shalat berjamaah, membaca Al-Quran, shalat sunnah, puasa sunnah, dan lain sebagainya. Dengan adanya Center of Excellence ini, peserta diharapkan dapat terdorong untuk meningkatkan amalan ibadah dan berlomba-lomba untuk memperoleh nilai terbaik di kelas.
  5. Fun Gathering : Kegiatan ini berupa ajang rekreasi yang bertujuan untuk membangun sense of belonging seluruh stakeholders PPB, baik para pengurus, peserta, pengajar, dan kakak asuh. Kegiatan ini diadakan setiap dua bulan.
  6. Membaca Buku : Peserta ditugaskan untuk membaca dan me-review satu buku setiap dua bulan dengan tema yang beragam, seputar kisah inspiratif para tokoh, leadership, dan lain sebagainya.
  7. Menulis Esai : Peserta ditugaskan setiap bulan untuk menuangkan gagasan dalam tulisan atau membahas tema-tema tertentu yang dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan menulis peserta.

Program Khusus[sunting | sunting sumber]

  1. Life Plan Training : Kegiatan ini ditujukan bagi mereka yang lolos seleksi penerimaan peserta baru PPB pada pertengahan tahun 2012. Kegiatan ini berisi pelatihan bagaimana membuat rencana hidup.
  2. Performance day : Kegiatan ini merupakan momen gathering seluruh stakeholders PPB sekaligus penyambutan peserta baru. Konsep acara ini adalah ‘talent show’, dimana peserta menunjukkan bakatnya dan memberikan sebuah penampilan yang menarik. Selain itu, acara ini juga bertujuan sebagai sarana bagi peserta untuk menunjukkan bakat dan potensi yang dimiliki.
  3. Leadership Training : Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan tentang leadership capacity yang akan berguna di kemudian hari. Pelatihan ini akan menghadirkan pembicara yang berpengalaman dalam organisasi dan juga berprestasi sehingga mampu memberikan inspirasi kepada para peserta.
  4. Kajian Islam Kontemporer : Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada para peserta tidak hanya tema-tema yang sifatnya ritual seperti yang dipelajari di sekolah, tetapi tema-tema Islam kekinian seperti tema perkembangan dunia Islam.
  5. Inspiring Talks : Kegiatan ini akan menghadirkan para alumni 81 yang sudah sukses di berbagai bidang untuk berbagi kisah inspiratif dan memotivasi peserta PPB secara khusus dan siswa-siswi SMA Negeri 81 secara umum dalam menghadapi dunia pascalulus SMA.
  6. Social Project : Kegiatan ini sebagai bentuk kontribusi konkret para peserta terhadap lingkungan sekitar. Kegiatan ini akan diadakan di sebuah desa selama beberapa hari di mana para peserta akan menyelenggarakan beberapa program sosial. Karena diadakan pada saat liburan kenaikan kelas, kegiatan ini dapat menjadi wahana untuk mengisi liburan dengan kegiatan yang bermanfaat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

[1] [2] [3]

  1. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-02-26. Diakses tanggal 2021-05-20. 
  2. ^ http://www.docstoc.com/docs/97891464/Program-Pemuda-Berprestasi-40
  3. ^ http://farihmufti.wordpress.com/2012/04/16/program-pemuda-berprestasi-sebuah-embrio-perubahan/