Prionailurus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Prionailurus[1]
Kucing hutan "meong congkok" (Prionailurus bengalensis)
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Subfamili:
Genus:
Prionailurus

Severtzov, 1858
Spesies tipe
Felis pardachrous
Brian Houghton Hodgson, 1844 (= Felis bengalensis Kerr, 1792)
Species

Prionailurus planiceps
Prionailurus rubiginosus
Prionailurus viverrinus
Prionailurus bengalensis

Prionailurus ranges

Prionailurus adalah genus dari empat spesies kecil, kucing liar tutul ditemukan di Asia.[2] Mereka biasanya tinggal di hutan. Kebanyakan mampu berenang dengan baik, beberapa spesies sebenarnya semi-akuatik dan pakan terutama pada ikan dan hewan air lainnya.

Sejarah Taksonomi[sunting | sunting sumber]

Prionailurus pertama kali diusulkan oleh penjelajah Rusia dan naturalis Nikolai Severtzov pada tahun 1858 sebagai nama generik yang terdiri dari felid tunggal terdapat di Asia tropis, yaitu Felis pardachrous yang dijelaskan oleh Brian Houghton Hodgson - kucing macan tutul. Sebagai varietas Severtzov mendaftar nipalensis Felis yang dijelaskan oleh Thomas Horsfield dan Nicholas Aylward Vigors, Leopardus Elliotti, Leopardus Horsfieldi dan Leopardus chinensis yang dijelaskan oleh John Edward Gray, dan Felis bengalensis yang dijelaskan oleh Anselme Gaëtan Desmarest.[3]

Ahli zoologi Inggris Reginald Innes Pocock mengakui klasifikasi taksonomi Prionailurus pada tahun 1917. Pada tahun 1939, dia menjelaskan genus pada dasar kulit dan tengkorak, dan membandingkannya dengan bagian tubuh Felis. Spesies Prionailurus ditandai dengan bintik-bintik, yang sering berbentuk pisau pembedah, kadang seperti roset, dan kadang-kadang cenderung seperti rantai memanjang, tetapi tidak pernah bergabung untuk membentuk garis vertikal seperti di Felis. Tengkorak Prionailurus lebih rendah dan kurang berkubah dari Felis, bagian wajah lebih pendek dari tengkorak, lantai orbit lebih panjang, tulang hidung tidak everted di atas nares anterior, ruang luar bula yang jauh lebih kecil daripada bagian dalam . Pocock mengklasifikasikan Kucing hutan "meong congkok", kucing totol dan kucing penangkapan ikan termasuk genus Prionailurus.[4]

Klasifikasi Pocock tentang Prionailurus secara luas yang diterima meliputi:[1]

  • Kucing hutan "meong congkok", Prionailurus bengalensis (syn. Felis bengalensis)
  • Kucing bakau, Prionailurus viverrinus (syn. Felis viverrinus)
  • Kucing kepala datar, Prionailurus planiceps
  • Kucing totol, Prionailurus rubiginosus

Analisis molekuler baru-baru ini, populasi Kucing hutan "meong congkok" ditemukan perbedaan yang jelas antara populasi utara dari Tsushima, Korea, Siberia, China dan Taiwan dan populasi Asia tenggara. Jika perbedaan genetik menunjukkan perbedaan yang spesifik, P. b. euptilurus mungkin belum menjadi spesies yang valid.[5] Kucing Iriomote (Prionailurus bengalensis iriomotensis)[6] telah diusulkan oleh penemunya sebagai spesies sendiri dan mungkin genus sendiri, tetapi ide ini tidak dapat diterima oleh masyarakat ilmiah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Wozencraft, W. C. (2005-11-16). Wilson, D. E., and Reeder, D. M. (eds), ed. Mammal Species of the World (edisi ke-3rd edition). Johns Hopkins University Press. hlm. 543–544. ISBN 0-8018-8221-4. 
  2. ^ Johnson, W. E., Eizirik, E., Pecon-Slattery, J., Murphy, W. J., Antunes, A., Teeling, E., O'Brien, S. J. (2006) The late miocene radiation of modern felidae: A genetic assessment. Science 311: 73-77.
  3. ^ Severtzow, M. N. (1858) Notice sur la classification multisériale des Carnivores, spécialement des Félidés, et les études de zoologie générale qui s'y rattachent. Revue et Magasin de Zoologie Pure et Appliquée 2e Série, T. X Séptembre 1858: 385–396.
  4. ^ Pocock, R. I. (1939) The fauna of British India, including Ceylon and Burma. Mammalia. – Volume 1. Taylor and Francis, London.
  5. ^ Tamada, T. Siriaroonrat, B. Subramaniam, V., Hamachi, M., Lin, L.-K., Oshida, T., Rerkamnuaychoke, W., Masuda, R. (2006). "Molecular Diversity and Phylogeography of the Asian Leopard Cat, Felis bengalensis, Inferred from Mitochondrial and Y-Chromosomal DNA Sequences". Zoological Science. 25 (2): 154–163. doi:10.2108/zsj.25.154. PMID 18533746. 
  6. ^ Izawa, M. (2008). "Prionailurus bengalensis ssp. iriomotensis". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2010.4. International Union for Conservation of Nature.