Prezi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Prezi
Prezi-logo.jpg
URL prezi.com
Jenis situs Presentasi
Bahasa Bahasa Inggris
Diluncurkan April 2009
Status saat ini Aktif

Prezi adalah sebuah perangkat lunak untuk presentasi berbasis internet (SaaS). Selain untuk presentasi, Prezi juga dapat digunakan sebagai alat untuk mengeksplorasi dan berbagi ide di atas kanvas virtual. Prezi menjadi unggul karena program ini menggunakan en:Zooming User Interface (ZUI), yang memungkinkan pengguna Prezi untuk memperbesar dan memperkecil tampilan media presentasi mereka.

Prezi digunakan sebagai alat untuk membuat presentasi dalam bentuk linier maupun non-linier, yaitu presentasi terstruktur sebagai contoh dari presentasi linier, atau presentasi berbentuk peta-pikiran (mind-map) sebagai contoh dari presentasi non-linier. Pada Prezi, teks, gambar, video, dan media presentasi lainnya ditempatkan di atas kanvas presentasi, dan dapat dikelompokkan dalam bingkai-bingkai yang telah disediakan. Pengguna kemudian menentukan ukuran relatif dan posisi antara semua obyek presentasi dan dapat mengitari serta menyorot obyek-obyek tersebut. Untuk membuat presentasi linier, pengguna dapat membangun jalur navigasi presentasi yang telah ditentukan sebelumnya.

Prezi pada awalnya dikembangkan oleh arsitek Hungaria bernama Adam Somlai-Fischer sebagai alat visualisasi arsitektur. Misi yang dinyatakan oleh Prezi adalah untuk “membuat berbagi ide menjadi lebih menarik”, dan Prezi sengaja dibuat untuk menjadi alat untuk mengembangkan dan berbagi ide dalam bentuk visual yang bersifat naratif

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Adam Somlai-Fischer adalah seorang arsitek dan seniman yang telah berkutat dengan presentasi yang dapat diperbesar dan diperkecil sejak tahun 2001.[1] Adam menemukan bahwa en:Zooming User Interface (ZUI) memungkinkan ia untuk mengeksplorasi gambaran besar dari sebuah denah lantai atau instalasi dan kemudian memperbesar detil-detil dari denah lantai tersebut. Karena pada saat itu belum tersedia editor presentasi ZUI yang tersedia secara komersial, setiap presentasi ZUI yang ia kembangkan harus ia buat secara manual.

Pada tahun 2007, Peter Halascy, seorang profesor dari Universitas Teknologi Budapest berhasil meyakinkan Adam untuk mengembangkan editor ZUI agar dapat digunakan oleh umum. Setelah membuat prototipe dari ZUI editor tersebut, mereka merekrut wirausahawan ketiga, yaitu Peter Arvai, untuk bergabung sebagai CEO — untuk membantu dalam meluncurkan produk dan perusahaannya. Prezi kemudian diluncurkan pada bulan April tahun 2009 di Budapest. Peluncuran tersebut mengundang investasi dari TED Conferences and Sunstone Capital. [2]. Kantor San Fransisco kemudian didirikan pada November 2009. Prezi merekrut Kepala Pemasaran Drew Banks, dan CFO Joel Onodera pada tahun 2011.

Lisensi[sunting | sunting sumber]

Sebelum membuat akun Prezi, pengguna harus menentukan lisensi apa yang akan ia gunakan. Berikut adalah beberapa lisensi yang disediakan Prezi untuk penggunanya [3]:

Publik[sunting | sunting sumber]

Lisensi ini adalah lisensi bebas biaya. Apabila pengguna memilih untuk menggunakan lisensi ini, pengguna tetap bisa menikmati fitur-fitur utama yang disediakan oleh Prezi dan juga memiliki ruang penyimpanan. Tetapi, setiap prezi yang dibuat oleh pengguna harus dipublikasikan di situs web Prezi agar bisa diakses oleh publik.

Enjoy[sunting | sunting sumber]

Untuk menggunakan lisensi ini, pengguna harus membayar $59 per tahunnya. Akan tetapi, seorang pengguna dapat menggunakan lisensi ini selama 30 hari pertama tanpa harus membayar. Dengan membeli lisensi Enjoy, pengguna dapat:

  • menggunakan fitur-fitur utama
  • memiliki ruang penyimpanan prezi
  • membuat prezi yang ia buat bersifat privat untuk melindungi konten di dalamnya
  • menggunakan logonya sendiri, bukan logo Prezi
  • memperoleh dukungan premium dalam kurung waktu kurang dari 24 jam

Pro[sunting | sunting sumber]

Untuk menggunakan lisensi ini, pengguna harus membayar $59 per tahunnya. Akan tetapi, seorang pengguna dapat menggunakan lisensi ini selama 30 hari pertama tanpa harus membayar. Dengan membeli lisensi Pro, pengguna dapat:

  • menggunakan fitur-fitur utama
  • memiliki ruang penyimpanan prezi
  • membuat prezi yang ia buat bersifat privat untuk melindungi konten di dalamnya
  • menggunakan logonya sendiri, bukan logo Prezi
  • memperoleh dukungan premium dalam kurung waktu kurang dari 24 jam
  • menggunakan produk “Prezi Desktop” untuk mengedit Prezi secara offline

Edukasi[sunting | sunting sumber]

Prezi juga menyediakan lisensi khusus untuk pelajar dan pengajar yang memiliki surel khusus edukasi[4] dengan spesifikasi sebagai berikut:

  • Edu Enjoy

Lisensi Edu Enjoy ini memungkinkan para pengajar dan pelajar yang memiliki surel khusus edukasi untuk menikmati lisensi Enjoy tanpa harus membayar per tahunnya.

  • Edu Pro

Spesifikasi dari lisensi tipe ini adalah sama dengan spesifikasi lisensi Pro biasa, tetapi pelajar dan pengajar yang ingin menggunakan lisensi tipe ini hanya perlu membayar $59 per tahun dan dapat menikmati kegunaan lisensi ini secara gratis pada 30 hari pertama.

Produk dan Fitur[sunting | sunting sumber]

Produk[sunting | sunting sumber]

Prezi Desktop[sunting | sunting sumber]

Prezi Desktop[5] memungkinkan pemesan lisensi Prezi Pro atau Edu Pro untuk membuat dan menyimpan prezi di dalam system PC, Mac, atau Linux mereka.

  • Mengedit dan Menunjukkan Prezi secara offline

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan prezi yang bersifat rahasia dalam komputer, dan juga memungkinkan pengguna untuk mengerjakan serta mempresentasikan prezi mereka saat mereka tidak terkoneksi ke internet.

  • Prezi dalam berkas

Berkas Prezi memiliki format berupa .pez. Pengguna dapat mengirimkan berkas tersebut ke pengguna Prezi Desktop lainnya untuk kolaborasi, dapat membuat cadangan berkas prezi tersebut, atau mengarsipkan prezi milik pengguna apabila ruang penyimpanan Prezi pengguna telah penuh.

  • Penyisipan berkas video berukuran besar

Saat menggunakan server pengkonversi Prezi, terdapat batas ukuran berkas yaitu sebesar 50 MB. Prezi Desktop tidak memiliki restriksi itu apabila pengguna menggunakan perangkat lunak untuk mengonversi berkas video berukuran besar menjadi berkas video dengan format FLV atau SWF.

  • Periode trial selama 30 hari

Pengguna dapat menggunakan Prezi Desktop secara gratis dengan cara mendaftarkan diri pengguna untuk lisensi Prezi mana pun. Jika pengguna mendaftarkan diri pengguna untuk lisensi berbayar, pengguna akan diwajibkan membayar hanya setelah periode trial telah selesai. Membatalkan pesanan lisensi selama masih dalam periode trial adalah hal yang mungkin dilakukan. Pembatalan pesanan tidak menghapuskan akun Prezi pengguna atau prezi yang telah pengguna buat.

Prezi Meeting[sunting | sunting sumber]

Prezi Meeting[6] merupakan fitur untuk kolaborasi online yang memungkinkan dua sampai sepuluh orang (dalam satu lokasi atau terpisah secara geografis) untuk mengedit dan menunjukkan prezi mereka di waktu yang bersamaan. Cara untuk menggunakan Prezi Meeting adalah:

  • Buka prezi untuk mengedit
  • Klik “Meeting” di baris menu yang terletak di bagian sudut kanan atas layar

Kini pengguna memiliki dua opsi:

  1. Pengguna dapat memilih Invite to edit untuk memunculkan pranala yang dapat pengguna kirim ke siapa pun. Saat kolaborator yang telah pengguna undang membuka pranala tersebut, pengguna dapat melihat avatar kolaborator. Teks, gambar, dan video yang disisipkan ke dalam Prezi dapat dilihat oleh semua orang, memberikan anggota tim kolaborator sensasi seolah-olah mereka sedang berada di dalam ruang yang sama. Saat seorang pengguna diundang untuk mengedit sebuah prezi bersama orang lain, ia akan masuk ke dalam “Prezi Meeting” dalam modus Tampilan setelah ia meng-klik pranala yang diberikan dalam undangan. Untuk memulai kolaborasi dalam mengedit prezi, pindahkan ke Edit mode.
  2. Pengguna dapat memilih Start online presentation untuk memunculkan pranala yang dapat pengguna kirimkan ke siapa pun. Ketika penerima membuka pranala tersebut, mereka dapat menonton pengguna yang sedang melakukan presentasi, tetapi mereka tidak dapat mengedit prezi pengguna tersebut. Pranala tersebut akan kadaluarsa 10 menit setelah pengguna menutup prezinya dan menyelesaikan sesi presentasi pengguna tersebut.

Penampil Prezi untuk iPad[sunting | sunting sumber]

Penampil Prezi untuk iPad[7] memungkinkan pengguna untuk dapat membuat, mengedit, menyimpan, dan menunjukkan prezi pengguna menggunakan iPad pengguna. Dengan Penampil Prezi untuk iPad, pengguna dapat menemukan seluruh prezi pengguna secara otomatis dalam iPad pengguna.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah beberapa fitur[8] yang disediakan oleh Prezi:

  • Pan dan Zoom

Perbesar dan perkecil kanvas prezi untuk memvisualisasikan ide dan menyorot detil serta melihat keseluruhan presentasi

  • Impor Media

Sisipkan gambar, video, video YouTube, PDF, atau media lainnya ke dalam Prezi.

  • Set Perlengkapan Lengkap

Pilih templat dan/atau tema yang anda inginkan untuk kostumisasi tampilan Prezi anda.

  • Presentasi Online dan Offline

Mempresentasikan prezi milik pengguna secara online atau mengunduh presentasi milik pengguna serta menampilkan prezi pengguna secara offline

  • Kerja Sama

Memungkinkan pengguna untuk melakukan kolaborasi dengan rekan presentasi pengguna dalam waktu-nyata, menyebrangi ruang dan zona waktu.

  • Buat Alur Cerita

Memungkinkan pengguna untuk menggunakan bingkai dan jalur untuk membuat perjalanan presentasi yang sinematis.

Cara Menggunakan Prezi[sunting | sunting sumber]

Menu utama Prezi disebut dengan istilah Menu Gelembung (Bubble Menu) yang tersusun dari lima konten utama.[9] Berikut adalah konten utama Menu Gelembung:

Gunakan gelembung berikut: Untuk fungsi berikut:
Write mengetik teks, menyisipkan pranala web, dan mengakses Transformation Zebra.
Transformation Zebra Ikon untuk memanipulasi obyek, yang memungkinkan pengguna untuk mengatur ukuran, merotasi, atau mengedit obyek presentasi prezi.
Insert Mengunggah berkas media dan memasukkan bentuk-bentuk seperti panah, garis bebas, atau tembolok.
Frame Memberikan “container” di sekeliling konten presentasi untuk mengelompokkan konten. Kontainer yang disediakan berupa Kurung Kurawal, Lingkaran, Segi Empat, dan Tersembunyi.
Path Mengatur tampilan navigasi satu per satu, menangkap tampilan yang spesifik di dalam sebuah frame, atau menghapus seluruh alur presentasi dan memulai ulang.
Colors and Fonts Mengaplikasikan gaya-gaya presentasi tertentu. Masing-masing gaya memiliki pilihan huruf dan warna yang berbeda.

Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Bisnis dan Konferensi[sunting | sunting sumber]

Sebagai media presentasi dan media untuk berbicara di depan publik, Prezi sering digunakan sebagai alternatif terhadap penggunaan Slide Shows dan PowerPoint. Produk ini telah digunakan oleh sejumlah pemimpin bisnis dan politik untuk berbagi dan mengeksplorasi ide-ide mereka. Perlu dicatat, Forum Ekonomi Dunia (The World Economic Forum) saat ini menggunakan Prezi sebagai bagian dari strategi presentasi dan strategi media mereka.[10]

Edukasi[sunting | sunting sumber]

Di Indonesia sendiri, Prezi masih belum banyak digunakan di seluruh kalangan pendidikan, tetapi Prezi sudah mulai dikenal dan digunakan oleh pelajar Sekolah Menengah Atas dan Perguruan Tinggi, salah satunya adalah Universitas Indonesia[11], sebagai media untuk mempresentasikan pemikiran kompleks, ide-ide, atau informasi visual lainnya.

Visualisasi Informasi[sunting | sunting sumber]

Prezi juga merupakan alat untuk memvisualisasikan informasi secara online. Arsitek dan ahli desain visual menggunakan Prezi untuk mempertunjukkan hasil karya mereka, dan juga sebagai alat yang berguna dalam memvisualisasikan ide desain mereka. Organisasi media menggunakan Prezi untuk membantu pembacanya dalam menjelajah informasi yang bersifat visual. Pada Juli 2011, The Guardian (UK) menggunakan Prezi untuk mempublikasikan grafis Peta Dunia terbaru di situs web mereka, dengan tujuan untuk memberitahu para pembaca mengenai negara Sudan Selatan yang baru saja merdeka.[12]

Kegunaan Tambahan[sunting | sunting sumber]

Meski pada mulanya Prezi dikembangkan oleh Adam Somlai-Fischer hanya untuk menunjukkan gambar arsitektural berukuran besar beserta detil-detilnya, namun kini Prezi telah menyediakan berbagai macam aplikasi yang dapat digunakan untuk memvisualisasikan dan mempresentasikan informasi, yaitu:

  • Visualisasi Data
  • Sistem yang kompleks, diagram-diagram untuk menunjukkan proses, dan diagram jaringan
  • Sebagai alat untuk pemetaan pikiran dalam ruang lingkup ilmu pengetahuan kognitif
  • Desain kolaboratif
  • Resume dan Portofolio
  • Kartu Elektronik dan ekspresi kreativitas individu lainnya

Persyaratan Sistem[sunting | sunting sumber]

Prezi.com[sunting | sunting sumber]

Prezi.com dapat diakses dari komputer yang terkoneksi dengan internet mana pun, asalkan sistem komputer tersebut memenuhi syarat-syarat berikut ini[13]:

Prezi.com dapat diakses melalui penjelajah-penjelajah berikut ini:

  • Internet Explorer 7 atau lebih
  • Google Chrome
  • Firefox 3 atau lebih
  • Safari 3 atau lebih

Prezi Desktop[sunting | sunting sumber]

Prezi Desktop adalah perangkat lunak berbasis Adobe AIR. Persyaratan sistem untuk Prezi desktop rata-rata sama dengan Adobe AIR secara umumnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]