Prefektur You

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Peta provinsi-provinsi yang ada di Tiongkok pada periode awal Tiga Kerajaan (akhir Dinasti Han, 189 M).

Prefektur You atau Provinsi You dalam bahasa Mandarin disebut Youzhou adalah prefektur atau pada waktu itu dinamakan "zhou"[a] di wilayah Tiongkok Utara pada masa kekaisaran.

Provinsi You dikutip dalam beberapa sumber kuno sebagai salah satu dari sembilan atau dua belas provinsi asli Tiongkok sekitar abad ke-22 SM, tetapi Provinsi You baru menjadi divisi administrasi sesungguhnya dari 106 SM hingga abad ke-10. Dalam bahasa Mandarin standar, kata "Youzhou" sering diartikan sebagai pusat administrasi sebuah prefektur atau ibu kota provinsi.

Prefektur You pertama kali dibentuk pada 106 SM sebagai prefektur seukuran provinsi pada zaman Dinasti Han Barat untuk mengelola wilayah besar di perbatasan utara yang membentang dari Provinsi Shanxi di barat dan Provinsi Shandong di selatan, ke timur laut Provinsi Hebei, selatan Provinsi Liaoning dan selatan Mongolia Dalam hingga ke Korea. Ibu kota Prefektur You adalah Kota Ji (sekarang berada di dalam kota Beijing). Prefektur ini dipusatkan di utara Hebei sejak zaman Tiga Kerajaan hingga Dinasti Jin Barat.

Pada periode Enam Belas Kerajaan, beberapa kerajaan yang memerintah di Tiongkok Utara menggunakan kata "You" untuk menyebut prefektur seukuran komanderi di wilayah mereka. Ketika Tiongkok Utara disatukan di bawah satu kedaulatan di masa Dinasti Utara, Prefektur You menjadi prefektur seukuran komanderi yang berbasis di Beijing. Pada zaman Dinasti Sui, Prefektur You tidak digunakan sebagai divisi administrasi, tetapi namanya diganti menjadi Komanderi Zhuo (Zhuojun). Prefektur You dihidupkan kembali pada zaman Dinasti Tang sebagai prefektur komanderi yang ukurannya lebih kecil, ibu kotanya di Youzhou (sekarang termasuk di dalam kota Beijing). Pada periode Lima Dinasti, Prefektur You merupakan salah satu dari Enam Belas Prefektur yang diserahkan kepada Khitan Manchuria. Setelah itu, nama Prefektur You tidak digunakan lagi.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan dan Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sebuah prefektur sebagai subdivisi politik dalam sejarah Tiongkok dari waktu ke waktu ukurannya setara dengan provinsi atau subprovinsi yang dinamakan komanderi.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • BTVU, 中国历史与文化, 北京广播电视大学 (Beijing Radio Television University), diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-12-08, diakses tanggal 2020-07-04