Prasasti MacGregor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Plaket MacGregor (Batu MacGregor) merupakan nama sebuah artefak penting, yang mungkin berasal dari makam mastaba raja Mesir kuno Den (Dinasti Pertama). Menurut prasasti tersebut, plakat itu awalnya melekat pada sandal raja.

Asal dan keterangan[sunting | sunting sumber]

Artefak itu mungkin ditemukan di makam Raja Den di Abydos - ini berasal dari penggalian ahli arkeologi Coptologist dan Egyptolog Émile Amélineau dari Prancis. Saat ini plakat tersebut ditampilkan di British Museum dengan nomor inventaris BM EA 55586. Museum ini diakuisisi oleh museum pada tahun 1922; sebelum itu adalah bagian dari koleksi MacGregor. Tablet ini terbuat dari gading yang diukir dan berukuran 4,5 cm x 5.4 cm; tebal sekitar 0,2 cm. Gambar diukir dan ditembakkan ke dalamnya.

Di sisi depan, raja Den digambarkan. Dia memakai jepit, hiasan kepala nimba dengan ular Uraeus dan ekor binatang yang menggantung dari belakang roknya. Den diberi label dengan nama Horus-nya. Pose-pose itu termasuk motif "membunuh musuh": raja mengangkat tangan kanannya, memegang gada; dengan tangan kirinya, Den memegang musuh di tempat itu dengan rambutnya. Musuh sudah berlutut, tapi berusaha untuk menangkal pukulan raja. Dia dapat diidentifikasi sebagai orang Asia dari gaya rambutnya (janggut dan kepangnya). Di sepanjang plakat, kita menemukan tulisan hieroglif, dengan arah bacaan ke kiri ke kanan: "Akulah yang menyelesaikan pemogokan pertama ke timur," disertai standar jakal dari dewa Wepwawet. Prasasti ini mengatakan kepada kita bahwa raja Den sendiri melakukan kemenangan pertamanya melawan orang-orang timur. Fakta bahwa sangat penting untuk menyatakan bahwa ini adalah "kemenangan pertama" yang mengatakan kepada kita bahwa lebih banyak pertempuran akan terjadi, bahwa pertempuran lain telah hilang, dan bahwa raja dinasti pertama lainnya terlibat dalam melindungi dan memperluas batas dan wilayah Mesir: dari Nubia dengan kelompok A ke Easteners di utara. Di prasasti Palermo, di baris ketiga yang dianggap milik Horus Den, muncul di daftar kedua "Smiting the bedouins", yang bisa merujuk ke label ini, namun kemungkinannya mengacu pada kampanye berikutnya, karena ini satu terjadi pada paruh kedua pemerintahan Den. Yang luar biasa untuk dipelajari adalah bahwa dalam plak ini kita memiliki pengesahan awal untuk gaun kepala panjang yang dikenal sebagai kepala busana khat. Horus Den juga merupakan raja pertama yang dikenal menampilkan mahkota ganda, menunjukkan bahwa dia adalah seorang pengembang ikonografi kerajaan yang inovatif dan aktif.

Di sisi lain plakat, sepasang sandal dilukiskan, meski bagian kiri rusak parah akibat abrasi.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Wolfgang Helck. Untersuchungen zur Thinitenzeit (= Ägyptologische Abhandlungen. Vol. 45). Harrassowitz, Wiesbaden 1987, ISBN 3-447-02677-4, S. 161 & 187.
  • R. B. Parkinson, Whitfield Diffie, Mary Fischer, R. S. Simpson. Cracking codes: the Rosetta stone and decipherment. Vol. 2. California Press, New York 1999, ISBN 0520222482, p. 74.
  • A. J. Spencer. Early Dynastic Objects (= Catalogue of the Egyptian Antiquities in the British Museum.). British Museum, London 1980, ISBN 0-7141-0927-4, p. 65, No. 460.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]