Poznań Fara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Poznań Fara
Gereja Basilika Kolegiat Bunda Maria dari Pertolongan Abadi, Santa Maria Magdalena, dan Santo Stanislaus
  • Fara Poznańska  (Polandia)
Fasad utara dengan pintu masuk utama
LokasiGołębia Street, Poznań
NegaraPolandia
DenominasiGereja Katolik Roma
Situs webfara.archpoznan.pl
Sejarah
DedikasiMaria (Perawan Maria Yang Terberkati, Ratu Polandia), Maria Magdalena, Santo Stanislaus
Tanggal konsekrasi1705
Arsitektur
StatusGereja Paroki dan Basilika
Status fungsionalAktif
ArsitekBartłomiej Nataniel Wąsowski, Giovanni Catenazzi, Pompeo Ferrari
GayaBaroque
Dibangun1651–1701
Spesifikasi
Panjang55 m (180 ft)[1]
Lebar bagian tengah gereja34 m (112 ft)[1]
Tinggi27 m (89 ft) (nave)[1]
Jumlah puncak menara2 (fasad)
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Poznań

Poznań Fara (bahasa Polandia: Fara Poznańska), juga dikenal sebagai Gereja Paroki atau hanya Fara, atau yang bernama lengkap Gereja Basilika Kolegiat Bunda Maria dari Pertolongan Abadi, Santa Maria Magdalena, dan Santo Stanislaus adalah sebuah gereja paroki, basilika dan gereja kolegiat Katolik yang terletak di jantung distrik Kota Tua di Poznań, barat Polandia. Gereja ini adalah salah satu landmark kota yang paling dikenal, tempat suci Katolik terpenting di samping Katedral dan contoh terbaik dari arsitektur Barok di Polandia.[2] Saat ini gereja ini menjadi bagian dari Keuskupan Agung Poznań.

Dibangun antara tahun 1651 dan 1701, struktur ini direkayasa oleh master Polandia dan Italia dengan gaya Barok, yang juga menggabungkan aspek arsitektural Romawi seperti kolom Korintian yang monumental di interior. Pada pertengahan abad ke-18 Pompeo Ferrari merancang altar utama setinggi 17 meter dan pintu masuk utama dari Kota Tua.[3] Pada tahun 1876 dan organ yang dibangun oleh Friedrich Ladegast dipasang di dalam Gereja. Fara, seperti sebagian besar kota, terhindar dari kehancuran selama Perang Dunia II.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1570 Uskup Adam Konarski membawa ordo Yesuit ke Poznań, yang diberi izin untuk menduduki bekas Gereja Santo Stanislaus.[4] Pada tahun 1651, pembangunan candi baru dimulai dan rencananya mungkin dikirim dari Roma (secara tradisional penulis proyek tersebut adalah Bartłomiej Nataniel Wąsowski - rektor Jesuit College di Poznań dan ahli teori arsitektur). Pekerjaan awal (hingga 1652) disutradarai oleh Tomasz Poncino kelahiran Italia. Banjir Swedia (1655-1660) menangguhkan pekerjaan. Pada 1705, Fara ditahbiskan, meskipun Gereja belum lengkap. Pada tahun 1727-1732 Pompeo Ferrari merombak pintu masuk utama dan interior, sehingga tahap akhir konstruksi berakhir.[5]

Menyusul kebakaran tahun 1773 dan runtuhnya Gereja Kolese Maria Magdalena di dekatnya pada tahun 1780, Fara menjadi kedudukan baru pendeta Poznań. Pada tahun 1913 seluruh kompleks direnovasi; pekerjaan itu dipersingkat oleh Perang Dunia I. Selama Invasi Polandia dan Perang Dunia II, Fara selamat tetapi dilucuti dari ornamennya yang kaya dan diubah menjadi gudang oleh Wehrmacht. Kerusakan perang dibersihkan pada tahun 1950.[6]

Legenda[sunting | sunting sumber]

Menurut legenda populer, seorang wanita berbaju hitam muncul di balkon organ yang sulit diakses. Hantu itu terlihat di banyak kesempatan, yang sering ditampilkan di media dan liputan berita.[7] Wanita tersebut dikatakan telah menyumbangkan sejumlah besar uang untuk membeli organ tersebut pada tahun 1870-an dan menjaga instrumen tersebut.[8]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Kościół św. Stanisława (biskupa) fara (ul. Gołębia) - Odkryj Poznań - Poznan.pl". www.poznan.pl. Diakses tanggal 22 June 2019. 
  2. ^ "Poznań: organi z Fary Poznańskiej i tajemnicza zjawa". RMF FM. Diakses tanggal 22 Juni 2019. 
  3. ^ .pl/wnetrze-kosciola/30-prezbiterium-oltarz-glowny "Fara Poznańska - Prezbiterium - ołtarz główny" Periksa nilai |url= (bantuan). www.fara.archpoznan.pl. Diakses tanggal 22 Juni 2019. 
  4. ^ https://www.przewodnik-katolicki.pl /Archiwum/2006/Przewodnik-Katolicki-18-2006/Archidiecezja-Poznanska/Prastara-fara
  5. ^ Brzeziński, Maciej. /pera-poznanskiego-baroku.html "POZNAŃSKIE dan SEJARAH WIELKOPOLSKIE: Perła poznańskiego baroku" Periksa nilai |url= (bantuan). Diakses tanggal 22 Juni 2019. 
  6. ^ "Fara Poznańska - Historia Fary". www.fara.archpoznan.pl. Diakses tanggal 22 Juni 2019. 
  7. ^ "Poznańska Fara: kościół, w którym starszy". Diakses tanggal 22 Juni 2019. 
  8. ^ "Tajemnice poznańskiej Fary :: Codzienny Poznań". www.codziennypoznan.pl. 25 Agustus 2012. Diakses tanggal 22 Juni 2019.