Portal:Jepang/Artikel Pilihan/40 2013

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Naha (那覇市, Naha-shi, bahasa Okinawa: Nāfa) adalah ibu kota Prefektur Okinawa, Jepang. Pada zaman modern, kota ini secara resmi dibentuk tanggal 20 Mei 1921. Sebelumnya, Naha selama berabad-abad telah menjadi kota terpenting dan kota berpenduduk terbanyak di Kepulauan Ryukyu.

Kota Naha berada di pesisir barat bagian selatan Pulau Okinawa yang menghadap ke Laut Cina Timur. Meskipun demikian, Naha hanya memiliki sebuah pantai buatan (Pantai Nami no Ue) karena kawasan pantai digunakan untuk Bandar Udara Naha dan Pelabuhan Naha.

Naha adalah pusat kegiatan ekonomi, pendidikan, dan pemerintahan Kepulauan Okinawa. Sepanjang abad pertengahan dan awal zaman modern, Naha adalah kota pusat perdagangan Kerajaan Ryukyu.

Naha merupakan tujuan wisata populer di Jepang. Di perbukitan bagian sebelah barat kota terdapat Istana Shuri yang merupakan sebuah gusuku (sebutan untuk istana-istana di Kepulauan Ryukyu). Di bagian utara kota yang dibangun kembali sebagai pusat kota Naha yang baru terdapat toko bebas bea DFS Galleria Okinawa yang luas.

(Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Manzanar · lainnya...