Portal:Jepang/Artikel Pilihan/38 2012

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

NAMC YS-11 adalah pesawat penumpang turboprop bermesin dua produksi konsorsium Jepang, Nihon Aircraft Manufacturing Corporation (NAMC). YS-11 merupakan pesawat terbang sipil komersial pertama yang diproduksi Jepang setelah Perang Dunia II.

Penerbangan perdana YS-11 dilakukan pada 30 Agustus 1962, dan mendapat sertifikat tipe dari Kementerian Transportasi Jepang pada bulan Agustus 1964. Maskapai penerbangan pertama yang menerima YS-11 adalah Toa Domestic Airlines pada 10 April 1965. Dalam jadwal penerbangan di Jepang, kode untuk pesawat ini adalah YS1 atau YS. All Nippon Airways menggunakan kode O untuk tipe pesawat ini (singkatan untuk Olympia).

Kecuali pesawat Pasukan Bela Diri Jepang dan Penjaga Pantai Jepang, YS-11 sudah tidak lagi dioperasikan di Jepang. Pesawat yang dijual ke Asia Tenggara sebagian besar sudah tidak terbang lagi. Kondisi pesawat YS-11 umumnya sudah tua, kalau pun masih ada sudah disimpan di gudang atau dipereteli, dan kemungkinan tidak laik udara sebagai pesawat penumpang.

(Selengkapnya...)