Poronaysk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Poronaisk adalah sebuah kota kecil di Oblast Sakhalin, Rusia. Kota ini adalah pusat pemerintahan Distrik Poronaysky Sebagian besar kota ini terletak di tepi kanan muara barat Sungai Poronay.

Poronaysk
Порона́йск
Bendera Poronaysk
NegaraRusia
Subjek federalOblast Sakhalin
DistrikPoronaysky
Luas
 • Total55 km2 (21 sq mi)
Populasi
 (2020)[1]
 • Total15.561
 • Kepadatan280/km2 (730/sq mi)
DemonimPoronaytsy (Порона́йцы),
Poronayets (Порона́ец)
Zona waktuUTC+11 (Magadan, MSK+8)
Kode Pos
694240, 694241
Kode area telepon+7 42431
Desa Pourongai muncul di peta Sakhalin tahun 1773 (berdasarkan peta d'Anville sebelumnya, yang menggunakan data yang diperoleh para Yesuit yang mengunjungi muara Amur pada tahun 1709 dari penduduk lokal yang melakukan perjalanan ke Sakhalin)

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Permulaan desa ini adalah pada bulan Agustus 1869, ketika Pos Tikhmenevsky, pos jaga milik Rusia, didirikan di sekitar desa-desa suku Nivkhs, Ainu dan suku lokal lainnya. Nama pos ini diambil dari nama gubernur militer oblast Primorsky, Mikhail Pavlovich Tikhmenev. Pos yang awalnya terletak di muara sungai Poronai dan Chernaya ini merupakan pemukiman militer untuk perlindungan perairan pesisir dan menjadi titik perantara antara Sakhalin selatan dan utara. Selanjutnya, pos ini pindah ke beberapa lokasi di sepanjang tepi Sungai Chernaya dan akhirnya, pada tahun 1905, pos ini berada di tempat kota Poronaysk saat ini. Pos ini utamanya dihuni oleh narapidana yang sedang dalam masa hukuman.[2]


pada tahun 1905, berdasarkan Perjanjian Portsmouth, bagian selatan pulau Sakhalin bersama dengan kota ini menjadi milik Jepang. Pada masa kekuasaan Kekaisaran Jepang, kota ini dinamakan Shikuka (Jepang: 敷香町, しくかちょう, Shikuka-chō) dan dibawah Prefektur Karafuto. nama Shikuka diambil dari Bahasa Ainu Sikukka yang berarti besar atau lebar. Nama sungai Poronai diterjemahkan dari bahasa Ainu sebagai “sungai besar”.[3] Kota ini berada di bawah kendali pemerintahan Jepang hingga masa invasi Uni Soviet ke Sakhalin Selatan pada Agustus 1945.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Industri

Poronaysk memiliki pabrik kertas dan pabrik semen. Aktivitas pabrik sering merusak lingkungan karena limbah cair dibuang ke Sungai Poronay dan Sungai Chernaya. . Limbah padat dari pabrik pulp dan PLTU dibuang ke banyak timbunan sampah yang terletak di utara kota.

Ekonomi Poronaysk utamanya bergantung kepada industri bahan bakar, energi dan ikan. Di kota ini juga terdapat PLTU Sakhalin.

Bisnis

Di kota ini juga terdapat toko eceran sebanyak 191 perusahaan, 12 perusahaan katering, dan 7 perusahaan pedagang grosir.

Konstruksi

Setelah 20 tahun mengalami stagnasi, di akhir tahun 2000-an, industri konstruksi kembali berjalan. Proyek konstruksi di distrik ini dilakukan oleh "Dinas perbaikan dan konstruksi jalan Poronaysk" dan beberapa perusahaan swasta.

Transportasi

Kota ini memiliki pelabuhan di muara Sungai Poronay. Kota ini dilewati oleh Jalan utama menuju Yuzhno-Sakhalinsk dan Okha. Jaringan kereta api menghubungkan Poronaysk dengan Yuzhno-Sakhalinsk, Nogliki, dan kota lainnya di Oblast Sakhalin. Stasiun kereta api utama Poronaysk adalah Stasiun Poronaysk.


Pendidikan dan Budaya[sunting | sunting sumber]

Poronaysk memiliki Perpustakaan Pusat dan Museum Pengetahuan Lokal Poronaysky dengan 68 ribu pameran. Terdapat Sekolah, hingga perguruan tinggi. Salah satu perguruan tinggi di Poronaysk adalah Politeknik Sakhalin 3.

Fasilitas Kesehatan[sunting | sunting sumber]

Poronaysk memiliki fasilitas kesehatan sebagai berikut:

  • Rumah Sakit Umum Distrik,
  • Poliklinik Kota Poronaysk
  • Rumah Sakit anak-anak,
  • Klinik kereta api,
  • Klinik gigi.

Olahraga[sunting | sunting sumber]

Terdapat beberapa fasilitas olahraga seperti gelanggang olahraga "Avangard", kompleks olahraga dan kesehatan "Arena", dll.

Poronaysk memiliki klub sepakbola bernama Smena, saat ini bermain di divisi amatir.

Kejuaraan triathlon Timur Jauh Rusia Jauh pernah diadakan di Poronaysk sebanyak 2 kali. Acara tersebut dihadiri oleh para atlet dari Krai Khabarovsk, Krai Primorsky, Oblast Amur, Magadan, Sakhalin, dan Okrug Otonom Chukotka.

Iklim[sunting | sunting sumber]

Poronaysk memiliki iklim subarktik (Dfc) dengan musim dingin yang sangat dingin dan musim panas singkat yang disertai hujan yang sejuk.Suhu udara tahunan rata-rata - 0,5 °C. Kelembaban relatif tahunan rata-rata adalah 79%. Kelembaban bulanan rata-rata berkisar dari 70% di bulan Januari dan Februari hingga 91% di bulan Juli. Kecepatan angin rata-rata 3,4 m/s. Kecepatan bulanan rata-rata adalah dari 3,0 m/s di bulan Juli hingga 3,7 m/s di bulan Oktober.[4]

Kota kembar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ https://rosstat.gov.ru/storage/mediabank/CcG8qBhP/mun_obr2020.rar
  2. ^ 0,5°
  3. ^ Kel
  4. ^ Справочник «Климат России»