Pondok Pesantren Al Amin, Kapuas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Pondok Pesantren Al-Amin [1] adalah pondok pesantren yang terletak di Jl. Pemuda Km. 20, Desa Anjir Palambang, Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. NRPP dari pondok pesantren ini adalah 042620307900 [2] sebagaimana terdaftar pada Departemen Agama.

Pondok pesantren ini didirikan pada tahun 1999 oleh Yayasan Islam Al-Amin [3] (yang pada waktu itu dipimpin oleh Bapak Atok Sunu Prastowo, S.Pd [4] - sekarang menjadi guru di SMA 2 Ngawi [5]) dalam rangka membantu masyarakat di sekitar Kecamatan Pulau Petak dan Kapuas Murung yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Sekolah yang pertama kali dibangun adalah Madrasah Aliyah. Setelah itu baru dibangun Madrasah Tsanawiyah. Setelah itu ada beberapa sekolah yang berafiliasi ke Pondok Pesantren Al-Amin, terutama sekolah-sekolah di sekitar daerah Unit Pemukiman Transmigrasi Dadahup dan Lamunti. Para santrinya berasal dari berbagai kecamatan di Kabupaten Kapuas.

Pada pondok pesantren tersebut terdapat sebuah masjid yang bernama Masjid Halimah Abdu Musa Al Badri (Ummu Khalid)[6] yang merupakan hasil bantuan dari donatur yang berasal dari Kuwait yang disalurkan melalui Lembaga Amal Jamiaturrahmah. Masjid tersebut merupakan satu-satunya di kawasan tersebut yang dibangun dengan Konstruksi Cakar Ayam, mengingat tanah disekitar pondok tersebut merupakan daerah lahan gambut.

Berbagai kegiatan telah dilaksanakan oleh Ponpes ini dalam meningkatkan kemampuan mereka dalam bidang ekonomi. Diantaranya adalah mengelola penggilingan padi [7] yang merupakan bantuan dari Proyek LM3 Kementerian Pertanian Republik Indonesia. [8]

Asrama yang dimiliki oleh pondok pesantren sekaligus bertindak sebagai Panti Anak. Panti ini sudah terdaftar di Kementerian Sosial Republik Indonesia [9] dan mendapatkan subsidi permakanan setiap tahunnya. [10].

Pada tanggal 15 Nopember 2007, Pondok Pesantren mendapatkan Penghargaan Ketahanan Pangan Nasional dari Presiden RI, Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara. [11] [12] [13] Penghargaan ini diberikan kepada lembaga keagamaan yang berperan dalam ketahanan pangan. Ponpes Al-Amin memiliki lahan persawahan di sekitar pondok dan menanam palawija di lahan di belakang pondok serta memiliki usaha ternak itik, selain usaha penggilingan padi dan pembuatan telur asin.


Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]