Point-to-Point Protocol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Suite Internet Protokol
Lapisan Protokol
Aplikasi FTP, HTTP, IMAP, IRC, NNTP, POP3, RTSP SIP, SMTP, SNMP, SSH, Telnet, BitTorrent, Websphere MQ, selengkapnya...
Transportasi DCCP, SCTP, TCP, RTP, UDP, IL, RUDP, selengkapnya...
Jaringan IPv4, IPv6, ...
Data link Ethernet, Wi-Fi, Token ring, FDDI, PPP, selengkapnya...
Fisikal RS-232, EIA-422, RS-449, EIA-485, 10BASE2, 10BASE-T, ...

Dalam jaringan, Point-to-Point Protocol (PPP) adalah data link protokol yang umum digunakan dalam membangun hubungan langsung antara dua node jaringan. Hal ini dapat menyediakan koneksi otentikasi, transmisi enkripsi (menggunakan ECP, RFC 1968), dan kompresi.

PPP digunakan di banyak jenis jaringan fisik termasuk kabel serial, saluran telepon, trunk line, telepon seluler, jaringan radio khusus, dan serat optik seperti SONET. PPP juga digunakan melalui koneksi Akses Internet (sekarang dipasarkan sebagai "broadband"). Penyedia layanan Internet (ISP) telah menggunakan PPP untuk pelanggan dial-up akses ke Internet, karena paket IP tidak dapat dikirimkan melalui jalur modem sendiri, tanpa beberapa protokol data link. Dua turunan dari PPP, Point-to-Point Protocol over Ethernet (PPPoE) dan Point-to-Point Protocol atas ATM (PPPoA), paling sering digunakan oleh Internet Service Provider (ISP) untuk membangun a Digital Subscriber Line (DSL) koneksi internet layanan dengan pelanggan.

PPP biasanya digunakan sebagai lapisan data link protokol untuk koneksi melalui sinkron dan sirkuit asynchronous, di mana sebagian besar telah digantikan yang lebih tua Serial Baris Internet Protocol (SLIP) dan perusahaan telepon standar diamanatkan (seperti Link Access Protocol, Seimbang (LAPB) di X.25 protocol suite). PPP dirancang untuk bekerja dengan berbagai lapisan jaringan protokol, termasuk Internet Protocol (IP), getar, Novell Internetwork Packet Exchange (IPX), NBF dan AppleTalk.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

PPP and TCP/IP protocol stack
Application FTP SMTP HTTP DNS
Transport TCP UDP
Internet IP IPv6
Network access PPP
PPPoE PPPoA PPP
Ethernet ATM Serial Modem

PPP dirancang setelah spesifikasi yang asli HDLC. Para desainer dari PPP memasukkan banyak fitur tambahan yang telah dilihat hanya dalam protokol milik data-link pada saat itu.

RFC 2516 menjelaskan Point-to-Point Protocol over Ethernet (PPPoE) sebagai metode untuk transmisi PPP over Ethernet yang kadang-kadang digunakan dengan DSL. RFC 2364 menjelaskan Point-to-Point Protocol atas ATM (PPPoA) sebagai metode untuk transmisi PPP over ATM Adaptasi Layer 5 (AAL5), yang juga merupakan alternatif umum digunakan PPPoE dengan DSL.

PPP ditentukan dalam RFC 1661.

Konfigurasi diri Otomatis[sunting | sunting sumber]

Link Control Protocol (LCP) memulai dan berakhir koneksi dengan baik, yang memungkinkan host untuk menegosiasikan opsi koneksi. Ini merupakan bagian integral dari PPP, dan didefinisikan dalam spesifikasi standar yang sama. LCP menyediakan konfigurasi otomatis dari antarmuka pada setiap akhir (seperti pengaturan datagram ukuran, karakter melarikan diri, dan nomor sakti) dan untuk memilih otentikasi opsional. Protokol LCP berjalan di atas PPP (dengan nomor protokol PPP 0xC021) dan karena koneksi PPP dasar harus dibentuk sebelum LCP dapat mengkonfigurasinya.

RFC 1994 menjelaskan Challenge Handshake Authentication Protocol (CHAP), yang lebih disukai untuk membangun koneksi dial-up dengan ISP. Meski usang, Password Authentication Protocol (PAP) masih kadang-kadang digunakan.

Pilihan lain untuk otentikasi atas PPP adalah Extensible Authentication Protocol (EAP) dijelaskan dalam RFC 2284.

Setelah link telah ditetapkan, jaringan tambahan ( lapisan 3) konfigurasi mungkin terjadi. Paling umum, Internet Protocol Control Protocol (IPCP) digunakan, meskipun Internetwork Packet Exchange Control Protocol (IPXCP) dan AppleTalk Control Protocol (ATCP) dulunya sangat populer Templat:Citation diperlukan. Internet Protocol Version 6 Control Protocol (IPv6CP) akan melihat penggunaan diperpanjang di masa depan, ketika IPv6 Menggantikan IPv4 's posisi sebagai dominan lapisan-3 protokol.

Beberapa protokol lapisan jaringan[sunting | sunting sumber]

Arsitektur PPP
IP
LCP CHAPPAPEAP IPCP
PPP enkapsulasi
HDLCseperti Framing PPPoE PPPoA
RS-232 POS Ethernet ATM
SONET/SDH

PPP memungkinkan beberapa protokol lapisan jaringan untuk beroperasi pada link komunikasi yang sama. Untuk setiap protokol lapisan jaringan yang digunakan, yang terpisahNetwork Control Protocol (NCP) disediakan dalam rangka untuk membungkus dan menegosiasikan opsi untuk beberapa protokol lapisan jaringan. Ini negosiasi informasi jaringan-layer, misalnya alamat jaringan atau opsi kompresi, setelah koneksi telah ditetapkan.

Sebagai contoh, Internet Protocol (IP) menggunakan IP Control Protocol (IPCP), dan Internetwork Packet Exchange (IPX) menggunakan Novell IPX Control Protocol (IPX / SPX). NCP termasuk bidang yang berisi kode standar untuk menunjukkan jenis protokol lapisan jaringan yang koneksi PPP merangkum.

Looped tautan deteksi[sunting | sunting sumber]

PPP mendeteksi Link dilingkarkan menggunakan fitur yang melibatkan angka ajaib. Ketika node mengirim pesan PPP LCP, pesan-pesan ini mungkin termasuk angka ajaib. Jika sebuah garis dilingkarkan, node menerima pesan LCP dengan angka ajaib sendiri, alih-alih mendapatkan pesan dengan nomor sihir peer.

PPP Konfigurasi Pilihan[sunting | sunting sumber]

Bagian sebelumnya memperkenalkan penggunaan pilihan LCP untuk memenuhi kebutuhan koneksi WAN tertentu. PPP dapat mencakup pilihan LCP berikut:

  • Authentication - router pesan otentikasi pertukaran Peer. Dua pilihan otentikasi Password Authentication Protocol (PAP) dan Tantangan Handshake Authentication Protocol (CHAP). Otentikasi dijelaskan pada bagian berikutnya.
  • Kompresi - Meningkatkan throughput efektif pada koneksi PPP dengan mengurangi jumlah data dalam frame yang harus perjalanan di link. Protokol decompress frame di tempat tujuan. Lihat RFC 1962 untuk rincian lebih lanjut.
  • Kesalahan deteksi - Mengidentifikasi kondisi kesalahan. Kualitas dan pilihan Nomor Sihir membantu memastikan yang handal, data link loop-free. The Magic bidang Nomor membantu dalam mendeteksi link yang berada dalam kondisi loop-kembali. Sampai Konfigurasi Opsi Magic-Nomor telah berhasil dinegosiasikan, Magic-Nomor harus dikirimkan sebagai nol. Angka ajaib dihasilkan secara acak di setiap ujung sambungan.
  • Multilink - Menyediakan load balancing beberapa antarmuka yang digunakan oleh PPP melalui Multilink PPP (lihat di bawah).

PPP bingkai[sunting | sunting sumber]

Struktur frame PPP[sunting | sunting sumber]

JumlahPengaturanvariabelvariabelPadding opsional

Nama byte Keterangan
Protocol 1 atau 2 protokol dalam bidang Data
Informasi (0 atau lebih) datagram
Padding (0 atau lebih)

Protokol lapangan menunjukkan jenis payload paket (misalnya LCP, NCP, IP, IPX, [[AppleTalk] ], dll).

Bidang Informasi berisi muatan PPP, tetapi memiliki panjang variabel dengan maksimum dinegosiasikan disebut Maksimum Unit Transmisi. Secara default, maksimal adalah 1500 oktet. Mungkin dipadatkan pada transmisi, jika informasi untuk protokol tertentu dapat empuk, protokol yang harus memungkinkan informasi harus dibedakan dari bantalan.

Encapsulation[sunting | sunting sumber]

PPP frame dikemas dalam sebuah protokol lapisan bawah yang menyediakan framing dan dapat menyediakan fungsi lain seperti checksum untuk mendeteksi kesalahan transmisi. PPP pada serial link s biasanya dikemas dalam membingkai mirip dengan HDLC, dijelaskan oleh IETF RFC 1662.

Jumlahalamat broadcastcontrol bytevariabelvariabelPadding opsionalkesalahan

Nama byte Keterangan
Bendera 1 menunjukkan frame memulai atau mengakhiri
Alamat 1
Kontrol 1
Protocol 1 atau 2 l dalam bidang informasi
Informasi (0 atau lebih) datagram
Padding (0 atau lebih)
FCS 2 (atau 4) memeriksa

The Flag lapangan hadir ketika PPP dengan HDLC seperti framing digunakan.

Bidang Alamat dan Kontrol selalu memiliki nilai hex FF (untuk "semua stasiun") dan hex 03 (untuk "informasi tak terhitung"), dan dapat dihilangkan bila PPP LCP Alamat-dan-kontrol-Lapangan-Kompresi (ACFC) dinegosiasikan .

The Bingkai Check Sequence (FCS) lapangan digunakan untuk menentukan apakah sebuah frame individu memiliki kesalahan. Ini berisi checksum dihitung selama rentang untuk memberikan perlindungan dasar terhadap kesalahan dalam transmisi. Ini adalah CRC kode yang mirip dengan yang digunakan untuk dua skema lapisan lain perlindungan kesalahan protokol seperti yang digunakan dalam Ethernet. Menurut RFC 1662, itu dapat berupa 16 bit (2 byte) atau 32 bit (4 byte) dalam ukuran (default adalah 16 bit - Polinomial x 16 + x 12 + x 5 + 1).

Zat ini dihitung atas Alamat, Kontrol, Protokol, Informasi dan bidang Padding setelah pesan telah dikemas.

PPP jalur aktivasi dan fase[sunting | sunting sumber]

Diagram menggambarkan fase PPP menurut RFC 1661

Tahapan dari Point to Point Protocol menurut RFC 1661 adalah sebagai berikut:

Tautkan Mati
Fase ini terjadi ketika link gagal, atau satu sisi telah diberitahu untuk memutuskan (misalnya pengguna telah selesai koneksi dialup nya.)
Tautan Pendirian Tahap
Fase ini adalah tempat Link Control Protocol negosiasi dicoba. Jika berhasil, kontrol pergi baik ke fase otentikasi atau Jaringan-Layer Protocol fase, tergantung pada apakah otentikasi yang diinginkan.

, Otentikasi Tahap: Fase ini adalah opsional. Hal ini memungkinkan pihak untuk saling mengotentikasi sebelum sambungan dibuat. Jika berhasil, kontrol pergi ke jaringan-lapisan protokol fase. , Jaringan-Layer Protocol Fase: Fase ini adalah di mana setiap protokol yang diinginkan 'Network Control Protocol s dipanggil. Misalnya, IPCP digunakan dalam membangun layanan IP melewati garis. Transportasi data untuk semua protokol yang berhasil dimulai dengan protokol kontrol jaringan mereka juga terjadi pada fase ini. Menutup protokol jaringan juga terjadi pada fase ini.

Tautan Pemutusan Tahap
Fase ini menutup bawah koneksi ini. Hal ini dapat terjadi jika ada kegagalan otentikasi, jika ada begitu banyak kesalahan checksum bahwa kedua belah pihak memutuskan untuk meruntuhkan link secara otomatis, jika link tiba-tiba gagal, atau jika pengguna memutuskan untuk menutup sambungan nya.

PPP selama beberapa link[sunting | sunting sumber]

Multilink PPP[sunting | sunting sumber]

Multilink PPP (juga disebut sebagai MLPPP,MP,MPPP,MLP, atau Multilink) menyediakan metode untuk menyebarkan lalu lintas di beberapa sambungan PPP berbeda. Ini didefinisikan dalam RFC 1990. Hal ini dapat digunakan, misalnya, untuk menghubungkan komputer rumah ke Internet Service Provider menggunakan dua modem 56k tradisional, atau untuk menghubungkan perusahaan melalui dua leased line.

Pada frame baris PPP tidak bisa tiba rusak, tapi ini mungkin ketika frame dibagi antara beberapa koneksi PPP. Oleh karena itu Multilink PPP harus menomori fragmen sehingga mereka dapat dimasukkan ke dalam urutan yang benar lagi ketika mereka tiba.

Multilink PPP adalah contoh dari link agregasi teknologi. Cisco IOS Rilis 11.1 dan kemudian mendukung Multilink PPP. <-! Contoh implementasi yang lebih menyambut ->

Multiclass PPP[sunting | sunting sumber]

Dengan PPP, seseorang tidak dapat membangun beberapa simultan koneksi PPP yang berbeda atas satu link.

Itu tidak mungkin dengan Multilink PPP baik. Multilink PPP menggunakan nomor bersebelahan untuk semua fragmen dari sebuah paket, dan sebagai akibatnya tidak mungkin untuk menangguhkan pengiriman urutan fragmen satu paket untuk mengirim paket lain. Hal ini untuk mencegah dari berjalan Multilink PPP beberapa kali pada link yang sama.

'Multiclass PPP' adalah semacam Multilink PPP di mana setiap "kelas" lalu lintas menggunakan ruang nomor urut terpisah dan reassembly penyangga. Multiclass PPP didefinisikan dalam RFC 2686.

PPP dan terowongan[sunting | sunting sumber]

Modern OSI tumpukan protokol untuk contoh SSH+PPP tunnel
Aplikasi FTP SMTP HTTP ... DNS ...
Transportasi TCP UDP
Jaringan IP
Data Link PPP
Application SSH
Transportasi TCP
Jaringan IP
Data Link Ethernet ATM
Fisik Kabel, NIC, dan sebagainya

Berasal protokol[sunting | sunting sumber]

PPTP merupakan bentuk PPP antara dua host melalui GRE menggunakan enkripsi ( MPPE) dan kompresi ( MPPC).

PPP sebagai lapisan 2 protokol antara kedua ujung terowongan (Tunneling)[sunting | sunting sumber]

Banyak protokol dapat digunakan untuk terowongan data melalui jaringan IP. Beberapa dari mereka, seperti SSL, SSH, atau L2TP menciptakan maya antarmuka jaringan s dan memberikan kesan koneksi fisik langsung antara terowongan endpoint. Pada Linux tuan rumah misalnya, interface ini akan disebut ' tun0'.

Seperti ada hanya dua endpoint pada terowongan, terowongan koneksi point-to-point dan PPP adalah pilihan yang alami sebagai protokol data link layer antara antarmuka jaringan virtual. PPP dapat menetapkan alamat IP untuk antarmuka virtual ini, dan ini alamat IP dapat digunakan, misalnya, untuk rute antara jaringan di kedua sisi terowongan.

IPsec dalam mode tunneling tidak menciptakan antarmuka fisik virtual di bagian ujung terowongan, karena terowongan ditangani langsung oleh TCP / IP stack. L2TP dapat digunakan untuk menyediakan antarmuka ini, teknik ini disebut L2TP/IPsec. Dalam kasus ini juga, PPP menyediakan alamat IP untuk ekstremitas terowongan.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

RFC[sunting | sunting sumber]

PPP didefinisikan dalam RFC 1661 (The Point-to-Point Protocol, Juli 1994). RFC 1547 (Persyaratan untuk Internet Standar Point-to-Point Protocol Desember 1993) memberikan informasi sejarah tentang perlunya PPP dan perkembangannya. Serangkaian RFC terkait telah ditulis untuk menentukan bagaimana berbagai kontrol jaringan protokol, termasuk TCP / IP, DECnet, AppleTalk, IPX, dan lain-lain-bekerja dengan PPP.

  • RFC 1661, Standard 51, The Point-to-Point Protocol (PPP)
  • RFC 1662, Standard 51, PPP di HDLC seperti Framing
  • RFC 1963, PPP Serial Data transportasi Protocol
  • RFC 1990, PPP Multilink Protocol (MP)
  • RFC 1994, PPP Tantangan Handshake Authentication Protocol (CHAP)
  • RFC 2153, Informational, PPP Penjual Ekstensi
  • RFC 2284, PPP Extensible Authentication Protocol (EAP)
  • RFC 2516, PPP over Ethernet
  • RFC 2615, PPP over SONET / SDH
  • RFC 2686, Multi-Class Ekstensi di Multi-Link PPP
  • RFC 2687, Usulan Standar, PPP dalam Berorientasi HDLC seperti Framing Real-time
  • RFC 5072, IP Versi 6 lebih PPP
  • RFC 5172, Negosiasi untuk IPv6 Datagram Kompresi Menggunakan IPv6 Control Protocol
  • RFC 6361, PPP Transparan Interkoneksi Banyak Link ( getar) Protokol Control Protocol