Pizzeria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sebuah pizzeria dengan stafnya di sepanjang Via Depretis di Napoli sekitar tahun 1910.
Pizzeria Roma di Kemi, Finlandia.
Sebuah pizzeria di Kållered, Swedia.
Koki pizza memanggang pizza di oven pizza.

Pizzeria adalah restoran yang berfokus pada piza (pizza). Selain pizza, hidangan di pizzeria biasanya juga mencakup kebab, salad, dan pasta.

Banyak pizzeria menawarkan take-away, di mana pelanggan memesan makanan mereka baik di muka atau di restoran dan kemudian membawa makanan yang sudah jadi bersama mereka dalam kotak pizza untuk dimakan di tempat lain. Beberapa pizzeria bahkan mengantarkan makanan ke rumah pelanggan, di mana kurir mengangkut makanan yang dipesan ke pintu luar pelanggan atau ke tempat lain yang disepakati, asalkan alamat pengiriman berada dalam jarak yang sesuai dari pizzeria. Pizza dapat diangkut dengan mobil, tetapi di banyak negara kurir pizza mengantarkan dengan sepeda atau sepeda motor. Makanan dapat dipesan di restoran, melalui telepon, dan di masa sekarang sering juga melalui Internet.

Di Italia, pizza secara tradisional adalah makanan untuk orang miskin dan dengan demikian mengandung sedikit bahan dan murah. Karena pizza menjadi populer di Amerika Serikat setelah Perang Dunia II, sebagian besar menjadi hidangan praktis yang cepat dan mudah disiapkan, bukan lagi makanan untuk orang miskin. Pizza tidak terlalu mahal, tetapi jumlah bahan meningkat dan pizza tidak lagi dibuat hanya dari bahan-bahan murah. Pizza menjadi lebih mudah diakses ketika pizza beku dan pengiriman pizza ditemukan.[1]

Rentetan pizzeria populer diantaranya seperti Pizza Hut, Domino's Pizza, Pizza Express, Call a Pizza, Pizzataxi, Rax Buffet, Kotipizza dan Rosso.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hultman, Henrik (2013): Liv och arbete i pizzabranschen, ISBN 978-91-7924-260-2, OCLC 940865578, accessed on 27 December 2021.