Pinjaman tanpa jaminan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Pinjaman tanpa jaminan atau juga dikenal dengan istilah unsecured loans, adalah merupakan pinjaman tanpa adanya suatu aset yang dijadikan jaminan atas pinjaman tersebut. Oleh karena tidak adanya jaminan yang menjamin pinjaman tersebut maka keputusan pemberian kredit semata adalah berdasarkan pada riwayat kredit dari pemohon kredit secara pribadi, atau dalam arti kata lain bahwa kemampuan melaksanakan kewajiban pembayaran kembali pinjaman adalah merupakan pengganti jaminan.

Secara khusus seorang individu ataupun perusahaan haruslah memiliki nilai kredit yang memuaskan (sekurangnya memiliki nilai 650) dengan penghasilan yanjg mencukupi untuk mengatasi beban pinjaman yang akan dilakukannya. Pinjaman tanpa jaminan ini biasanya berkisar antara beberapa riubu USD hingga maksimum 100.000 USD.

Pokok-pokok Penting dari Pinjaman tanpa Jaminan[sunting | sunting sumber]

  • Permohonan pinjaman tanpa jaminan atau KTA biasanya didasarkan pada rating atau riwayat kredit pribadi, status keuangan dan jumlah yang dipinjam, dan Anda tidak diharuskan untuk menawarkan sejumlah aset Anda sebagai jaminan untuk pinjaman. Anda tentu saja terikat secara hukum untuk membayar kembali pinjaman yang telah disepakati.
  • Atas tiga alasan orang mengambil pinjaman tanpa jaminan adalah untuk mengkonsolidasi utang ke dalam satu pinjaman mungkin lebih murah, untuk melaksanakan proyek-proyek bisnis, kredit konsumsi atau untuk membeli barang kebutuhan pribadi.
  • Ketika memutuskan apakah layak atau tidak Anda mendapat pinjaman tanpa jaminan, pemberi pinjaman akan melihat riwayat kredit pribadi Anda dan menilai berapa banyak resiko kredit yang ketika pihak Bank meminjamkan uang. Tingkat suku bunga yang ditawarkan akan mencerminkan seberapa besar tingkat resiko pinjaman tanpa jaminan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]