Pietro Perugino

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Pietro Perugino (lahir 1446, wafat 1524) adalah seorang pelukis Italia terkemuka dari Umbria, yang memberikan dasar pada aliran ekspresif klasik di puncak masa Renaissance.

Masa Muda[sunting | sunting sumber]

Ia terlahir dengan nama Pietro Vannucci di Città della Pieve, Umbria, putra dari Cristoforo Vannucci. Nama panggilannya menunjukkan bahwa dirinya berasal dari Perugia, kota utama Umbria.

Pietro mulai melukis di Arezzo, lalu pindah ke Florensia. Tanggal persinggahan pertamanya di Florentina tidak bisa dipastikan. Beberapa kalangan mengatakan sekitar tahun 1470, sementara yang lain mengatakan sekitar tahun 1479. Menurut Vasari, ia belajar melukis di studio Andrea del Verrocchio bersama dengan Leonardo da Vinci. Ia mungkin belajar teknik perspektif dari Piero della Francesca. Pada tahun 1472 ia kemungkinan besar telah menyelesaikan masa belajarnya karena ia telah bergabung sebagai pelukis di organisasi Persaudaraan Santo Lukas.

Perugino adalah salah satu pelopor pelukis Italia yang menggunakan cat minyak. Beberapa karya awalnya adalah lukisan-lukisan dinding yang cukup banyak di biara imam-imam Ingesati. Sayangnya, karya-karya ini hancur akibat peristiwa pengepungan Florensia tahun 1537. Ia juga membuat banyak sketsa-sketsa bagi para biarawan tersebut yang terwujud secara luar biasa di kaca-kaca berwarna. Beberapa contoh dari gaya awalnya dalam bentuk tempera, atau poster berwarna yang dilukis sebelum keberadaan cat minyak, adalah tondo (lukisan berbentuk lingkaran) bernama "Sang Perawan dan Putranya Dinobatkan di antara Para Orang Suci" yang saat ini berada di Museum Louvre, Paris, Perancis.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Petro Perugini - artikel di Encyclopedia Brittanica.