Piano elektronik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Papan Tuts Piano elektronik

Piano elektronik atau Piano listrik adalah sebuah instrumen papan tuts yang dirancang untuk mensimulasikan warnanada dari piano (dan kadang-kadang harpsichord atau organ ) menggunakan sirkuit analog.

Piano elektronik juga merupakan nama dagang yang digunakan untuk deretan populer Piano listrik perusahaan Rudolph Wurlitzer, yang diproduksi dari tahun 1950 hingga 1980-an, meskipun ini tidak benar-benar seperti yang sekarang dikenal sebagai sebuah piano elektronik. Piano elektronik bekerja seperti analog synthesizer dalam menghasilkan nada mereka melalui osilator, sedangkan piano listrik mekanis, suaranya diubah menjadi sinyal listrik oleh pickup .

Piano elektronik pertama muncul pada tahun 1970-an dan sebagian besar dibuat di Italia [1], meskipun model yang sama dibuat secara bersamaan di Jepang . Pengecualian pada berbagai instrumen yang dibuat oleh RMI di Amerika Serikat dari tahun 1967 hingga sekitar tahun 1980, yang menjadi salah satu piano elektronik lebih populer digunakan oleh musisi profesional. Kebanyakan Piano elektronik (termasuk RMI) tidak sensitif pada penekanan tuts, sehingga perubahan volume tidak berdasarkan seberapa keras atau lembut tombol ditekan, seperti organ.

Piano elektronik menjadi kurang populer pada tahun 1980-an ketika piano digital dan synthesizer polifonik bermunculan dan terjangkau cukup baik untuk penggunaan profesional dan rumahan sebagai alternatif yang lebih murah, lebih kecil dan lebih ringan daripada sebuah piano akustik. Popularitas piano synthesized pertama datang pada tahun 1982, dengan perkembangan K250 Kurzweil.

Pada tahun 2009, piano synthesized telah mencapai tingkat yang baik sekali dalam hal realisitis, dengan Yamaha AvantGrand dilaporkan tidak dapat dibedakan dari piano sungguhan oleh 95% pianis [2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]


Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Davies, Hugh (2001). "The New Grove Dictionary of Music and Musicians", edisi kedua diedit oleh Stanley Sadie dan John Tyrrell. Macmillan. 
  2. ^ Wilson, Chris news. "Roll Over, Beethoven: How Yamaha's New Electronic Piano Improves upon a 300-Year-Old Instrument". Slate. Diakses 2009-10-29.