Phir Bhi Dil Hai Hindustani

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Phir Bhi Dil Hai Hindustani
Sampul DVD
SutradaraAziz Mirza
ProduserJuhi Chawla
Shahrukh Khan
Aziz Mirza
Ditulis olehSanjay Chhel
Raaj Kumar Dahima
Manoj Lalwani
PemeranJuhi Chawla
Shahrukh Khan
Johnny Lever
Paresh Rawal
Penata musikJatin-Lalit
SinematograferSantosh Sivan
DistributorDreamz Unlimited
Tanggal rilis
21 Januari 2000
Durasi168 menit
NegaraIndia India
BahasaHindi

Phir Bhi Dil Hai Hindustani (Devanagari: फिर भी दिल है हिंदुस्तानी, Nastaliq: پھر بھی دل ہے ہندوستانے, Indonesia: "Tapi Hati Masih India") adalah sebuah film drama-thriller Bollywood berbahasa Hindi produksi tahun 2000. Film ini disutradarai oleh Aziz Mirza dengan naskah tulisan Sanjay Chhel, Raaj Kumar Dahima, dan Manoj Lalwani. Film ini dibintangi Juhi Chawla, Shahrukh Khan, Johnny Lever, Paresh Rawal, dan masih banyak lagi.

Phir Bhi Dil Hai Hindustani berfokus pada perang media yang bertempur di ruang berita TV.

Film ini telah tinjauan yang beragam dari para kritikus dan penonton dan gagal di tempat penjualan karcis, meskipun itu film profil tinggi oleh sutradara Aziz Mirza, tidak bisa meniru kesuksesan film-film sebelumnya Yes Boss dan Raju Ban Gaya Gentleman miliki. Film ini hanya berhasil mengambil salah satu penghargaan - pada tahun 2001, Penghargaan untuk Keunggulan Teknis dari International Indian Film Academy Awards.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Phir Bhi Dil Hai Hindustani berfokus pada perang media yang bertempur di ruang berita TV. Ajay Bakshi (Shahrukh Khan) adalah reporter TV dan dengan gaya yang agak ortodoks, dia menikmati status selebritas ke titik di kesombongan. Sebagai tanggapan, saluran TV saingannya, dengan peringkat menjatuhkan, menyewa Ria Banerjee (Juhi Chawla) untuk menangkal popularitas Ajay.

Saat seorang pengusaha dibunuh pada malam pemilihan, pembunuh Mohan Joshi (Paresh Rawal) ditangkap di tempat itu, tetapi berhasil melarikan diri hari kemudian selama liputan media. Dia dituduh terorisme dan negara ini dilemparkan ke gempar. Banyak mati yang tidak ada hubungannya dengan persaingan dari Joshi dan korbannya, dalam usaha perusahaan untuk menakut-nakuti korban ke dalam percaya bahwa Joshi merupakan bagian dari "tangan asing" di pengganggu.

Joshi memenuhi Ajay dan Ria kemudian memberitahu mereka kebenaran di balik insiden keseluruhan. Tampaknya putri remaja Joshi meninggal karena pemerkosaan brutal yang dilakukan oleh orang yang kemudian akan membunuh. Mengungkap sementara "pada kamera" bahwa orang ini dan teman-temannya telah menghancurkan segalanya dalam mencapai tujuan mereka, Joshi menyatakan bahwa dia membunuh orang itu di balas dendam, nyaris tanpa berpikir. "Jika itu adalah terorisme, aku seorang teroris", dia menyimpulkan.

Kemudian, Joshi yang dimasukkan ke dalam penjara dan dihukum mati. Pada hari eksekusinya, reporter memimpin pawai diam, mengibarkan bendera nasional India, untuk menemukan Joshi dan membuat publik kebenaran. Dia dibebaskan, dan keadilan dijamin.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Musik[sunting | sunting sumber]

Judul Penyanyi
"Phir Bhi Dil Hai Hindustani" Udit Narayan
"I Am The Best - Male" Abhijeet
"I Am The Best- Female" Jaspinder Narula
"Banke Tera Jogi" Sonu Nigam dan Alka Yagnik
"Vande Mataram" Shankar Mahadevan
"Kuch To Bata" Abhijeet dan Alka Yagnik
"Aur Kya" Abhijeet dan Alka Yagnik

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]