Philippe Hurepel dari Clermont

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Philippe Hurepel.jpg

Philip Hurepel (1201–1235) merupakan seorang Pangeran Clermont-en-Beauvaisis, Boulogne, Mortain, Aumale, dan Dammartin. Ia adalah putra Philip II dari Perancis dan istri ketiganya yang kontroversial Agnes dari Merania. Ketidaksahan membayangi sejarah kelahiran dan karirnya.

Ia menikah pada sekitar tahun 1223 dengan Matilda II, Comtesse Boulogne (wafat sekitar tahun 1260), putri Ida, Comtesse Boulogne dan suaminya Renaud de Dammartin, Pangeran Boulogne.

Philip muda, atas hak istrinya, menjadi Pangeran Boulogne, Mortain, Aumale, dan Dammartin. Pangeran Philip Hurepel memberontak melawan saudari iparnya Blanche dari Kastilia ketika abangnya Louis VIII wafat pada tahun 1226. Ketika Pangeran Philip wafat pada tahun 1235, Matilda terus memerintah dan menikah dengan Alphonse, putra kedua Raja Alfonso II dari Portugal, saudara Raja Sancho II dari Portugal.

Matilda dan Philip memiliki seorang putra, Alberic dan seorang putri, Joan.

Alberic konon melepaskan hak warisnya dan pergi ke Inggris untuk alasan yang tidak diketahui. Tampaknya ia hidup lebih lama dari ibunya dan wafat pada tahun 1284, namun diperkirakan tidak memiliki keturunan.

Joan, menikah pada tahun 1236 dengan Gaucher de Châtillon, comte de Mortain (wafat tahun 1251), wafat pada tahun 1252, dan tampaknya tidak memiliki keturunan yang selamat.

Kemudian, setelah Matilda, provinsi Boulogne diserahkan kepada kerabat Matilda.

Silsilah[sunting | sunting sumber]


Didahului oleh:
Matilda II
sebagai penguasa tunggal
Pangeran Boulogne
1223-1235
bersama dengan Matilda II
Diteruskan oleh:
Matilda II
sebagai penguasa tunggal