Pewaris takhta Kerajaan Britania Raya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Garis Suksesi Takhta Britania Raya adalah urutan orang-orang yang memiliki hak dan memenuhi syarat sebagai pewaris takhta Britania Raya (Inggris Raya). Dalam hal ini, pemerintah Inggris tidak mempublikasikan daftar resmi dari orang-orang yang masuk dalam daftar urutan tersebut, namun berdasarkan data silsilah dan penelitian sederhana menyebutkan bahwa ada ribuan orang yang memiliki potensi berada dalam daftar tersebut.[1]

Syarat dan ketentuan[sunting | sunting sumber]

Hak menjadi suksesor ini diatur dalam Undang-undang Penyelesaian Inggris 1701, Undang-undang Pernikahan Kerajaan Inggris 1772 dan hukum adat.[2] Garis suksesi ini mengutamakan pria namun tidak menutup kemungkinan untuk wanita. Para anggota garis suksesi ini lalu menemui dua persyaratan lagi:

  • Pihak tersebut adalah keturunan sah (menurut Undang-undang legitimasi Inggris dan Wales, adalah keturunan dari Elektris Sophia dari Hanover)
  • Pihak tersebut tidak pernah beragama Katolik Roma dan tidak pernah menikahi seseorang beragama Katolik Roma.

Pada saat naik takhta, pewaris takhta tersebut harus menjadi anggota Gereja Inggris.[3]

Garis Suksesi[sunting | sunting sumber]

Daftar ini dibatasi hanya menampilkan keturunan Ratu Elizabeth II dari Britania Raya, George VI dari Britania Raya dan keturunan George V dari Britania Raya.

Charles, Pangeran Wales, sang pewaris takhta

Catatan dan sumber:

XC Pengecualian sebagai orang Katolik Roma. Pengecualian ini tdidak terpengaruh oleh Undang-undang Suksesi Takhta Inggris 2013. Hak suksesornya dicabut
MC Orang-orang ini telah menikahi orang Katolik Roma dan haknya tekah dicabut. Namun haknya akan diberikan kembali berdasarkan Undang-undang Suksesi Takhta Inggris 2013.
B terdaftar dan tercantum dalam situs resmi Monarki Inggris, "Succession"
D tercantum dalam situs Debrett's (tertanggal 9 Agustus 2013): "Garis suksesi takhta Inggris"
W tercantum di Almanak Whitaker 2013, London: Bloomsbury, ISBN 978-1-4081-7207-0, hal. 21
D88 Tercantum dalam Debretts (1988).[5]
1952 Daftar yang diterbitkan Ratu Elizabeth II pada tahun 1952[6]

Garis suksesi ini dilanjutkan oleh Mary, Countess Harewood, yakni putri satu-satunya dari Raja George V, diikuti oleh keturunan Edward VII dan raja-raja sebelumnya hingga Raja George I (garis ini terbatas pada keturunan Sophia dari Hanover, yang mana dari semua yang hidup saat ini adalah juga merupakan keturunan Raja George I). Orang terakhir di dalam garis ini adalah Karin Vogel (lahir 1973) dari Rostock, Jerman.[1][3]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d The governments of the Commonwealth realms have agreed changes to the line of succession that would see Tane Lewis and Rufus Gilman switch places with their elder sisters Senna and Lyla respectively. Since Tane and Rufus were lahir after 28 October 2011 (the date of the agreement), they would lose their male preference under the changes.
  2. ^ Albert and Leopold Windsor are listed on The Official Website of the British Monarchy and in the 2013 edition of Whitaker's Almanack as following Estella Taylor (b 2004), not following Lady Amelia Windsor. As they were baptised as Catholics, they are not listed in Debrett's or editions of Whitaker's earlier than 2012.
  3. ^ Lady Helen Taylor is listed on The Official Website of the British Monarchy, Debrett's and Whitaker's as following Lady Amelia Windsor, not following Leopold Windsor.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Sonne, Paul (27 April 2011). "Last in the Line of Succession, Ms. Vogel is Glad She Isn't Queen", Jurnal Wall Street, diakses 24 September 2013.
  2. ^ Bogdanor, Vernon (1995). The Monarchy and the Constitution. Oxford: Clarendon Press. ISBN 0-19-829334-8 p. 42
  3. ^ a b William Addams Reitwiesner, "Persons eligible to succeed to the British Throne as of 1 Jan 2001"
  4. ^ Pangeran and Putri Michael of Kent welcome first grandchild
  5. ^ Williamson, David; Ellis, Patricia, ed. (1988). Debrett's Distinguished People of Today. Debrett's Peerage. hlm. 61. ISBN 0905649990. "First 25 in succession as listed - Viscount [David] Lascelles being the 25th" 
  6. ^ "Line of succession to the throne". The Sydney Morning Herald. 7 February 1952. Diakses 24 June 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]