Petualangan Bangsawan Fife

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Petualangan Tuan Fife atau Petualangan Fife adalah sekelompok pria bangsawan kolonial Inggris yang terdiri 11 orang, sebagian besar dari mereka berasal dari timur Fife yang telah diberi penghargaan dari Raja James VI untuk menjajah wilayah Pulau Lewis pada tahun 1598.

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1597 ketua kelompok klan ini, MacLeod mendapat surat-surat dari pemerintah yang menyatakan bahwa meskipun mereka sudah lama menjalankan feodal di Isle of Lewis selama berabad-abad, namun kurangnya dokumen kepemilikan tanah yang legal secara hukum membuat tanah yang mereka klaim sebelumnya bisa saja diambil alih oleh kerajaan. Aturan ini berasal dari Act of Parliament yang mewajibkan semua kepala klan Highland bisa membuktikan hak kepemilikan tanah yang legal atas tanah mereka. [1]

Pada awalnya Undang-undang ini dianggap berlebihan sehingga membuat banyak tanah leluhur yang telah lama dipegang turun-temurun banyak disita. Tanah di dataran tinggi, pulau-pulau tak bernama, menjadi incaran bagi kaum Lowlander yang sudah lebih sadar dokumen. Bangsawan yang sudah terlatih secara hukum adalah orang-orang pertama yang mengambil kesempatan ini, membuat dokumen mengklaim tanah yang bahkan tidak memiliki hubungan sejarah dengan keluarga mereka.

Kolonisasi ulang Lewis[sunting | sunting sumber]

Raja james VI yang memiliki tujuan untuk memulai “peradaban” atau “de-Gaelicisation” di pulau Isle of Lewis ini, mirip dengan program Plantation of Ulster yang terjadi beberapa tahun kemudian. James menganggap perlunya membangun peradaban begitu penting bahkan jika perlu harus menggunakan pembantaian, mutilasi, pembakaran, dan membuat ketidaknyaman.[2] Faktanya, James awalnya berencana untuk membunuh semua penduduk asli setempat untuk mendirikan pemukiman, tetapi berhasil dibujuk untuk membatalkan rencana ini karena dianggap tidak praktis. [3]

Tahun 1598 menjadi cerita paling bersejarah yang bagi para bangsawan Fife, ketika mereka meminta persetujuan Raja James untuk menjajah Pulau Lewis. Mereka memiliki tujuan utama untuk mengeksploitasi sumber daya alam di pulau tersebut. Para bangsawan itu adalah Patrick Leslie dari Lindores, James Learmonth dari Balcomie, Sir James Anstruther, Master of Household to Anne of Denmark, James Spens of Wormieston, Sir James Sandilands dari Slamannan, Cpt William Murray, John Forret dari Fingask,[4] Sir William Stewart, Commendator of Pittenweem, Sir George Home of Wedderburn dan putranya David Home, dan Duke of Lennox, sepupu dari raja.[5][6][7] Parlemen Skotlandia memberikan para bangsawan tersebut sebuah "infestasi" dari tanah Lewis.[8]

Pada tahun 1599, para bangsawan Fife berhasil mendarat di Isle of Lewis menggunakan kapal dari St Andrews, dengan membawa 600 pasukan tentara pribadi.

Pemukiman rumah-rumah sederhana kemudian dibuat di sekiataran pantai Lewis dekat dengan sebuah kota yang sekarang bernama Stonoway, di daerah yang sekarang disebut South Beach.

Keluarga Macleod adalah penguasa feodal pulau Lewis dan ketua klan saat itu, yaitu Roderick Macleod mengirim dua orang putranya Neil dan Murdoch, untuk mengusik para pemukim baru yang masuk ke pulau Lewis. Murdoch, khususnya, adalah orang yang terpelajar, terlatih di bidang hukum, tetapi disebut sebagai penyembah berhala dan buta huruf oleh warga pemukim baru, dia melayani para pemukim baru tersebut dengan surat-surat hukum yang menyatakan ilegalitas tindakan mereka. Gagal melakukan tindakan apa pun, Murdoch menyerang pemukiman dan menangkap kapal mereka dan menahan James Learmonth selama 6 bulan.[9]

Setelah kejadian penyerangan yang dilakukan Neil Macleod menyerang pemukiman dengan mengirim 200 orang pasukan, membunuh 20 pemukim, dan merampas harta benda dan ternak mereka. Perebutan kekuasaan kemudian terjadi di antara Macleod bersaudara, dan di pengadilan Edinburgh, Neil setuju untuk menyerahkan saudaranya Murdoch kepada pemukim yang tersisa dengan imbalan pengampunan atas kejahatannya yang ia perbuat sendiri. Namun, kesepakatan itu memburuk, dan sekembalinya ke Lewis dia membunuh 60 pemukim lagi hanya karna emosi.

Meskipun bangsawan MacLeod dipaksa untuk kembali ke Fife, MacKenzie dari Kintail klan saingan dari keluarga Macleod, diberikan izin oleh kerajaan untuk menyerang pulau Lewis dengan imbalan tanah di pulau tersebut, tetapi dipaksa untuk memburu Neil Macleod yang akhirnya berhasil ditangkap di pulau Berisay .

Pada tanggal 30 Maret 1613 Neil Macleod kemudian dibawa ke Edinburgh dengan kapal untuk diadili, ia didakwa dengan pembakaran, pembunuhan, pencurian dan pembajakan. Dia digantung di Mercat Cross di Royal Mile pada 1 April. Dia tidak dipenggal kepalanya saat masih hidup (hukuman khusus bangsawan) tapi setelah hukuman gantung kepalanya dilepas dari tubuhnya dan ditempatkan di atas tombak gerbang Nether Bow Port. Tanahnya diserahkan kepada kerajaan.[10]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Keay, John & Julia (1994). Collins Encyclopedia of Scotland. HarperCollins. hlm. 370. ISBN 978-0-00-255082-6. 
  2. ^ Haswell-Smith, Hamish (1996). The Scottish Islands. Canongate. hlm. 240–241. ISBN 978-0-86241-579-2. 
  3. ^ Lenihan, Pádraig. 2008.Consolidating Conquest: Ireland 1603-1727. Harlow: Longman. Pages 43-44.
  4. ^ "Fife Place-name Data :: Fingask". Fife-placenames.glasgow.ac.uk. Diakses tanggal 2020-04-04. 
  5. ^ David Masson, Register of the Privy Council of Scotland: 1592-1599, vol. 5 (Edinburgh, 1882), pp. 462-3, 467-8.
  6. ^ "The register of the Privy Council of Scotland. v.5 1592-1599. - Full View | HathiTrust Digital Library | HathiTrust Digital Library". Babel.hathitrust.org. 2017-02-22. Diakses tanggal 2020-04-04. 
  7. ^ "Domestic annals of Scotland, from the reformation ... v.0001. - Full View | HathiTrust Digital Library | HathiTrust Digital Library". Babel.hathitrust.org. 2010-04-29. Diakses tanggal 2020-04-04. 
  8. ^ Thomas Thomson, Acts of the Parliaments of Scotland: 1593-1625, vol. 4 (1816), pp. 248-51.
  9. ^ Robert Gordon, Genealogical history of the Earldom of Sutherland (Edinburgh, 1813), pp. 270-1.
  10. ^ "Neil Macleod | Hebridean Connections". www.hebrideanconnections.com.