Peter Kürten

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Peter Kürten

Peter Kürten (26 Mei 1883–2 Juli 1931) adalah pembunuh berantai asal Jerman yang oleh media dijuluki sebagai Vampir dari Düsseldorf. Dia melakukan kejahatan seksual, penyerangan, dan pembunuhan pada anak-anak dan dewasa. Kebanyakan tindak kejahatannya dilakukan dari Februari sampai November 1929 di Düsseldorf.

Pada 8 Februari 1929 dia menyerang seorang perempuan dan membunuh seorang gadis berusia delapan tahun. Pada 13 Februari dia membunuh seorang montir dengan menusuknya sebanyak 20 kali. Kürten lalu menghentikan aksinya sampai Agustus. Dia kala itu beraksi lagi dengan menusuk tiga orang dalam waktu yang berbeda pada tanggal 21 Agustus; membunuh dua bersaudari, usia lima dan empat belas tahun pada tanggal 23; dan menusuk seorang perempuan pda tanggal 24.[1] Pada bulan September dia memperkosa lalu membunuh seorang perempuan dengan palu. Pada bulan Oktober dia menyerang dua orang perempuan dengan palu. Pada 7 November dia membunuh gadis berusia lima tahun dengan cara mencekiknya dan menusuknya sebanyak 36 kali dengan gunting. Dia lalu mengirim peta lokasi mayatnya pada sebuah koran lokal. Banyak dan bervariasinya korban menyebabkan polisi mengira bahwa ada lebih dari seorang pembunuh, bahkan pernah ada sampai lebih dari 900,000 tersangka.

Dia melakukan beberapa penyerangan dengan palu dari Februari sampai Maret 1930. Pada bulan Mei 1930 dia membawa seorang perempuan bernama Maria Budlick ke Hutan Grafenberger. Di sana dia memperkosanya namun tidak membunuhnya. Berkat Maria Budlick, polisi berhasil mengetahu rumah Kürten. Pada 24 Mei dia akhirnya ditangkap.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Lane, Brian and Gregg, Wilfred (1992). The Encyclopedia of Serial Killers. Berkley Books.
  • Fuchs, Christian [1996] (2002). Bad Blood. Creation Books.