Peter Carl Fabergé

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Peter Carl Fabergé

Peter Carl Fabergé (30 Mei 1846 - 24 September 1920) merupakan seorang perancang telur paskah berkebangsaan Rusia. Lahir di St Petersburg, Rusia, dia menjadi terkenal dengan telur-telur paskah hasil rancangannya tersebut. Setelah mengasah keterampilan di Jerman, Perancis dan Inggris, dia bergabung dengan bisnis ayahnya pada tahun 1870.

Prestasinya diakui setelah mendapat medali emas pada Pan-Russian Exhibition di Moskow tahun 1882. Diangkat menjadi perancang perhiasan istana Dinasti Romanov pada tahun 1885, dan hasil karyanya selama dua Tsar terakhir mengangkat namanya menjadi terkenal di seluruh dunia.

Keluarga kerajaan Rusia memiliki tradisi menghadiahi telur Paskah. Tahun 1885, Faberge membuat telur pertamanya untuk Tsar Alexander III yang dihadiahkan ke istrinya Ratu Maria Feodorovna dari Denmark.

Sebelum diserahkan secara resmi ke keluarga kerajaan Romanov, rancangan telur tersebut dirahasiakan terlebih dahulu. Selama masa pemerintahan Alexander III, Faberge membuat satu telur paskah setiap tahunnya. Ketika Nicolas II naik tahta pada tahun 1894, menggantikan ayahnya yang meninggal, Faberge membuat dua telur - satu untuk ibu tsar Maria Feodorovna dan satu lagi untuk Tsarina Alexandra Feodorovna.

Tradisi telur paskah berakhir ketika pecah Revolusi Oktober tahun 1917 yang menggulingkan monarki Rusia dan diganti dengan pemerintahan komunis, yang menyita semua aset dan perusahaan Faberge. Faberge melarikan diri ke Swiss dan tinggal di sana sampai akhir hayatnya pada tanggal 24 September 1920.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]