Peta bahasa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Peta bahasa,[1] peta kebahasaan atau peta linguistik adalah peta tematik yang menunjukkan sebaran geografis penutur suatu bahasa, atau isoglos dari kontinum dialek, atau rumpun bahasa yang sama. Kumpulan peta tersebut adalah atlas bahasa.

Atlas yang menggambarkan pemetaan bahasa pertama adalah Sprachatlas des Deutschen Reiches karya Georg Wenker dan Ferdinand Wrede, diterbitkan mulai tahun 1888, diikuti oleh Atlas Linguistique de la France, karya Jules Gilliéron antara tahun 1902 dan 1910, Linguistischer Atlas des dacorumänischen Sprachgebietes diterbitkan pada tahun 1909 oleh Gustav Weigand dan AIS - Sprach- und Sachatlas Italiens und der Südschweiz dari Karl Jaberg dan Jakob Jud, diterbitkan 1928–1940. Atlas linguistik pertama Amerika Serikat diterbitkan oleh Hans Kurath. Atlas Linguistik Inggris merupakan hasil Survei Dialek Bahasa Inggris yang dipimpin oleh Harold Orton dan Eugen Dieth. Atlas linguistik terkomputerisasi pertama adalah Atlas Linguarum Europae, pertama kali diterbitkan pada tahun 1975.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Cari "Peta bahasa" dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)". Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]