Pesta Olahraga Pemuda Persemakmuran 2008

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pesta Olahraga Pemuda Persemakmuran 2008
Commonwealth Youth Games 2008
Commonwealth Youth Games III
Logo Pesta Olahraga Pemuda Persemakmuran 2008
Logo Pesta Olahraga Pemuda Persemakmuran 2008
Tuan rumah Pune, India
Jumlah negara peserta 70 (perkiraan)
Jumlah atlet 1.300 (perkiraan)
Jumlah pertandingan 9 cabang
Upacara pembukaan 12 Oktober 2008
Upacara penutupan 18 Oktober 2008
Dibuka oleh --
Janji atlet --
Janji wasit --
Pembawa obor --
Stadion Stadion Shree Shiv Chhatrapati

Pesta Olahraga Pemuda Persemakmuran 2008 atau dalam bahasa Inggrisnya Commonwealth Youth Games 2008 adalah Pesta Olahraga Pemuda Persemakmuran yang diadakan di Pune, India. Ajang ini merupakan yang ketiga dalam sejarah Pesta Olahraga Pemuda Persemakmuran.

Citra dan tampilan[sunting | sunting sumber]

Citra dan tampilan Pesta Olahraga Pemuda Persemakmuran 2008.
Citra dan tampilan Pesta Olahraga Pemuda Persemakmuran 2008.

Citra dan kesan yang dibuat untuk Pesta Olahraga Pemuda Persemakmuran 2008 mencerminkan warisan budaya dari Pune, kota penyelenggaranya. Logo dibuat dengan penggabungan budaya dan modernitas. Materai dengan nama kota tuan rumah dibentuk dengan menyatukan nilai-nilai yang terdapat di Pune dan materai historikal dari Raja Agung Maratha, Shivaji Maharaj.

Meterai menggambarkan jiwa dari kota Pune - yang menggabungkan unsur kuno dan baru.

Maskot[sunting | sunting sumber]

Jigrr, Maskot Commonwealth Youth Games 2008
Jigrr, Maskot Commonwealth Youth Games 2008

Maskot Pesta Olahraga Pemuda Persemakmuran 2008 adalah saudara muda dari "Shera", maskot Commonwealth Games 2010. Namanya adalah "Jigrr". Muda, nakal, lucu, cerdas, sporty, tanggap dan penuh dengan gairah hidup, kompetitif dan berani, penuh kepercayaan diri, dari sorotan matanya tercermin sikap "saya bisa melakukannya".

Jigrr adalah campuran dari kata Hindi "Jigar", yang berarti keberanian dan suara dari auman harimau yang diasosiasikan dengan suara "grrr". Jigrr secara fonematik mirip dengan Tiger (harimau).

Jigrr tidak hanya akan mempromosikan Commonwealth Youth Games di Pune tetapi juga akan menyebarkan antusiasnya ke seluruh anak muda di India. Jigrr akan menyebarkan kesukaan dan memberikan senyum kepada setiap orang.

Olahraga[sunting | sunting sumber]

Commonwealth Youth Games 2008 mempertandingkan 9 cabang olahraga.

Youth Baton Relay[sunting | sunting sumber]

Pesta Olahraga Pemuda Persemakmuran 2008 menciptakan konsep baru yang disebut Youth Baton Relay ("Estafet Baton Pemuda") mengikuti konsep Queen's Baton Relay ("Estafet Baton Ratu"), di mana baton akan dibawa keliling melalui 9 negara bagian di India. Ini kali pertama Estafet Baton di dalam sejarah penyelenggaran Pesta Olahraga Pemuda Persemakmuran.

Penyelenggaraan Youth Baton Relay akan dimulai dengan membawa baton dari New Delhi University North Campus ke 'India Gate' pada 1 Agustus 2008, di mana pemerintah Delhi akan menyelenggarakan acara kebudayaan yang terbuka untuk umum.

Baton akan melalui 9 negara bagian, sepanjang 8000 km, sekitar 6000 atlet-atlet terpilih akan mendapatkan kehormatan untuk membawa Baton dalam mendukung Pesta Olahraga Pemuda Persemakmuran 2008. Lebih dari 7500 sukarelawan akan membantu perjalanan Baton yang melalui 199 kota dan desa. Ratusan universitas, kolese, dan sekolah akan terlibat dan mendukung dalam kegiatan ini.

Kelompok yang beranggotakan sekitar 80 orang, 25 kendaraaan dan sejumlah undangan, media dan tokoh-tokoh penting akan mengikuti perjalanan Estafet Baton dari Delhi hingga Pune.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]