Perusahaan Televisi Singapura

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Television Corporation of Singapore (TCS)
Jenis Publik
Departemen Penyiaran Singapura
Departemen Informasi
Televisi
Negara Bendera Singapura Singapura
Ketersediaan Nasional
Tanggal siaran perdana 1 Oktober 1994
Tanggal peluncuran 1 Oktober 1994
Tanggal ditutup Diganti sebagai MediaCorp TV pada 12 Februari 2001
Wilayah siaran Singapura
Asia Tenggara
Induk perusahaan Singapore International Media (SIM)
Kelompok usaha Televisi

Perusahaan Televisi Singapura (bahasa Inggris: Television Corporation of Singapore; bahasa Tionghoa: 新加坡电视机构; bahasa Malaysia: Perbadanan Televisyen Singapura; bahasa Tamil: சிங்கப்பூர் தொலைக்காட்சி கழகம்) atau TCS, adalah sebuah stasiun televisi di Singapura yang ada dari privatisasi penuh stasiun Perusahaan Penyiaran Singapura (SBC). Setelah 12 Februari 2001, TCS diubah nama sebagai MediaCorp TV.

Apabila Perusahaan Penyiaran Singapura (SBC) diswastakan luncurkan pada 1 Oktober 1994 pukul 12:00 tengah malam Waktu Standar Singapura (UTC+8), ia dibagi menjadi tiga perusahaan di bawah naungan SIM Group of Companies. Perusahaan Televisi Singapura (TCS) mengambil alih bidang penyiaran televisi dari Perusahaan Penyiaran Singapura (SBC), Perusahaan Radio Singapura (RCS) mengambil alih bidang penyiaran radio dari Perusahaan Penyiaran Singapura (SBC) sementara TV12 Singapore atau Singapore Television Twelve (STV12) mengoperasikan Saluran 12.

Pada 27 September 1995, Saluran 8 dan Saluran 5 memulai transmisi 24-jam, dan 2 saluran baru dibuat dari seri Saluran 12: Prime 12 dan Premiere 12. Saluran 8 menggugurkan rencana bahasa Tamil dari salurannya dan ditransfer ke Prime 12. Buat pertama kali dalam sejarah penyiaran Singapura, ada 4 saluran televisi yang menyiarkan acara dalam bahasa resmi keempat Singapura.

Pada 1 Maret 1999, TCS meluncurkan Channel NewsAsia, sebuah saluran yang menyiarkan berita sepanjang hari.

Pada 31 Januari 2000, setelah penyusunan kembali perusahaan SIM Group of Companies, stasiun-stasiun Perusahaan Televisi Singapura (TCS) mengalami rombakan.

Pada 30 Januari 2000, STV12 disebabkan krisis ekonomi dan juga masalah kurang penonton. STV12 mengalami perubahan yang besar dengan terciptanya 2 saluran baru: Suria yang menggantikan Prime 12 sebagai saluran hiburan khusus untuk masyarakat Melayu dan Central yang menggantikan Premiere 12. Siaran-siaran di Central dibagi menjadi tiga menurut jadwal waktu seperti berikut:

  • Kids Central – menyiarkan acara anak-anak (disiarkan pada waktu pagi)
  • Vasantham Central – menyiarkan program dalam bahasa Tamil (disiarkan pada waktu petang dan malam)
  • Arts Central – menyiarkan dokumenter dan juga program yang terkait dengan seni (disiarkan pada waktu malam)

TCS meluncurkan saluran CityEntertainment yang menayangkan program hiburan. CityEntertainment kemudian diubah nama ke CityTelevision pada 2001 yang menyiarkan program yang lebih bervariasi selain dari olahraga tetapi ditutup pada 2002.

Pada tahun 2004, MediaCorp TV bergabung dengan SPH MediaWorks yang menangani dua saluran yaitu Channel i, saluran berbahasa Inggris dan Channel U, saluran berbahasa Mandarin. Melalui penggabungan ini MediaCorp TV menjadi MediaCorp TV Holdings dengan pegangan 80% untuk MediaCorp dan 20% untuk SPH MediaWorks. Dua saluran kendali SPH MediaWorks pula diambil alih oleh MediaCorp. Pada 1 Januari 2005, Channel i dihentikan operasinya karena pasar program berbahasa Inggris yang kecil di Singapura sedangkan Channel U tetap bersiaran sehingga kini.

Pada 20 Oktober 2008, MediaCorp TV12 meluncurkan satu lagi saluran terbaru dikenal sebagai Vasantham khusus untuk masyarakat India. Saluran ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat India di Singapura untuk menonton acara dan program-program India selama lebih 8 jam setiap hari. Sedangkan saluran Central dikhususkan untuk anak-anak saja melalui Kids Central dan juga untuk orang dewasa melalui Arts Central.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]