Perubahan inklinasi orbit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Perubahan kemiringan orbit atau Orbital inclination change adalah manuver orbital yang bertujuan untuk mengubah kemiringan orbit suatu badan yang mengorbit. Manuver ini juga dikenal sebagai perubahan bidang orbit karena bidang orbitnya miring. Manuver ini memerlukan perubahan dalam vektor kecepatan orbital (delta v) pada simpul orbital (yaitu titik di mana orbit awal dan yang diinginkan berpotongan, garis simpul orbital ditentukan oleh perpotongan dua bidang orbital).[1][2]

Orbital trajectory of Tianwen-1 around Mars.

Secara umum, perubahan kemiringan dapat membutuhkan delta v yang sangat besar untuk dilakukan, dan sebagian besar perencana misi mencoba menghindarinya bila memungkinkan untuk menghemat bahan bakar. Ini biasanya dicapai dengan meluncurkan pesawat ruang angkasa langsung ke kemiringan yang diinginkan, atau sedekat mungkin dengannya untuk meminimalkan perubahan kemiringan yang diperlukan selama masa pakai pesawat ruang angkasa. Flybys planet adalah cara paling efisien untuk mencapai perubahan kemiringan yang besar, tetapi mereka hanya efektif untuk misi antarplanet.

Cara paling sederhana untuk melakukan perubahan bidang adalah dengan melakukan pembakaran di sekitar salah satu dari dua titik persimpangan bidang awal dan akhir. Delta-v yang diperlukan adalah vektor perubahan kecepatan antara dua bidang pada titik tersebut.

Namun, efisiensi maksimum perubahan kemiringan dicapai pada apoapsis, (atau apogee), di mana kecepatan orbit{\gaya tampilan v} vadalah yang terendah. Dalam beberapa kasus, diperlukan delta v total yang lebih sedikit untuk menaikkan satelit ke orbit yang lebih tinggi, mengubah bidang orbit pada apogee yang lebih tinggi, dan kemudian menurunkan satelit ke ketinggian aslinya.

Untuk orbit transfer Hohmann , orbit awal dan orbit akhir terpisah 180 derajat. Karena bidang orbital transfer harus mencakup badan pusat, seperti Matahari, dan node awal dan akhir, ini dapat memerlukan dua perubahan bidang 90 derajat untuk mencapai dan meninggalkan bidang transfer. Dalam kasus seperti itu, seringkali lebih efisien untuk menggunakan manuver bidang patah di mana pembakaran tambahan dilakukan sehingga perubahan bidang hanya terjadi pada perpotongan bidang orbit awal dan akhir, daripada di ujungnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Braeunig, Robert A. "Basics of Space Flight: Orbital Mechanics". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-02-04. Diakses tanggal 2008-07-16. 
  2. ^ Owens, Steve; Macdonald, Malcolm (2013). "Hohmann Spiral Transfer With Inclination Change Performed By Low-Thrust System" (PDF). Advances in the Astronautical Sciences. 148: 719. Diakses tanggal 3 April 2020.