Pertempuran Peregonovka (1919)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pertempuran Peregonovka
Bagian dari Perang Kemerdekaan Ukraina dan Perang Saudara Rusia
TanggalSeptember 26, 1919
LokasiTenggara Uman, Ukraina
Hasil Kemenangan Anarkis
Pihak terlibat
Tentara Pemberontak Revolusioner Ukraina Rusia Tentara Relawan
Tokoh dan pemimpin
Nestor Makhno
Fedir Shchus
Yakov Slashchev
Nikolai Shilling
Kekuatan
7,000–8,000 6,000–7,000 senapan dan pedang
27–40 buah artileri
Korban
Tidak diketahui Ratusan orang terbunuh. Ratusan menyerah, 23 buah artileri dan 100 Senapan mesin ditangkap.

Pertempuran Peregonovka (atau Perehonivka) adalah konflik militer September 1919 di mana Tentara Hitam Makhno mengalahkan Tentara Relawan Putih. Setelah mundur ke barat melintasi Ukraina selama 4 bulan dan 600 km, Tentara Hitam Makhno berbelok ke timur dan mengejutkan Tentara Putih. Tentara Hitam merebut kembali Ibukota Huliaipole dalam waktu 10 hari.[1]

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Pada pertengahan Agustus 1919, dengan Tentara Rakyat Ukraina dan Tentara Sukarelawan Putih berkumpul di Kiev, Tentara Merah di Odessa (ternasuk unsur-unsur RKKA ke-12 dan ke-14) meninggalkan kota dan mundur ke barat laut. Pada awal September Makhnovists bergabung dengan pasukan Tentara Merah ke-12 lainnya di sebelah barat Kiev.

Formasi lain, terbentuk sebagian besar Divisi Pemberontak ke-7 yang sebagian besar anarkis dan brigade Divisi ke-58 (Divisi Ukraina) meninggalkan Tentara Merah dan menyusun kembali Tentara Pemberontak Revolusi Ukraina di Pomoshna.

Bersamaan dengan itu, unit Tentara Rakyat Ukraina menaklukan Uman dan daerah sekitarnya sementara unit Tentara Relawan Putih setelah mendarat di Odessa dan berbaris ke utara menduduki Yelyzavethtrad dan kemudian berbaris ke barat.

Tentara Relawan berusaha menghancurkan Tentara Makhnovist dan mengamankan jalur kereta api dari Odessa ke Yelyzavethrad. Pasukan Makhnovist berusaha melestarikan pasukan mereka dan kembali ke pangkalan mereka (di Governorat Yekaterisnoslav, di belakang garis putih).

Komposisi pasukan[sunting | sunting sumber]

Komposisi Pasukan Makhnovist[sunting | sunting sumber]

Tentara Pemberontak Revolusioner Ukraina,yang dipimpin oleh Nestor Makhno, terdiri dari empat korps dan unit tentara:

  • Korps Donet ke-1, dipimpin oleh Kalahshnikov.
  • Korps Azov ke-2, dipimpin oleh Vdovychenko.
  • Korps Yekaterinoslav, dipimpin oleh Havrylenko.
  • Korps Krimea ke-4, dipimpin oleh Pavlovsky.

Setiap Korps mencakup tiga hingga empat resimen infantri yang diperkuat dan tiga hingga empat resimen kavaleri yang lebih ringan dengan hanya kontingen artileri kecil. Dalam pertempuran utama, korps ke-1 dan ke-2 meliputi sektor timur (depan) di sekitar Perehonovka di sepanjang Sungai Yatran; korps ke-4 meliputi sektor selatan (sayap kanan); pasukan kavaleri, terlepas dari induknya, berada di sektor utara (sayap kiri), sedangkan korps ke-3 meliputi sektpr barat (belakang).

Komposisi Tentara Putih[sunting | sunting sumber]

Tentara Sukarelawan melakukan Divisi Infanteri ke-4 kriminal dan berbagai brigade independen dalam pertempuran. Resimen dari Divisi Infanteri Krimea ke-4 (dari Tentara Sukarelawan) diberi nama sesuai dengan resimen dari Divisi Infanteri ke 12 dan ke-34 (dari Tentara Rusia sebelum perang).

Komposisi Tentara Direktori Ukraina[sunting | sunting sumber]

Kelompok Tentara Rakyat Ukraina Tiuntiunnysk, terdiri dari dua divisi, satu brigade, dan beberapa unit pendukung:

  • Divisi Infanteri ke-5
  • Divisi Infanteri ke-12
  • Brigade Infanteri Galisia ke-1 dari Tentara Galisia Ukraina.
  • Beberapa Kereta api

Setiap divisi atau brigade memiliki 2 - 3 resimen infanteri dan artileri pendukung. Pada akhir Agustus, Divisi Infanteri ke-5 dan Brigade Infanteri ke-1 telah dikerahkan di sekitar Uman, dan Divisi Infanteri ke-12 telah dikerahkan di sekitar Talne dan Shpola, didukung oleh kereta api lapis baja.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Battle of Peregonovka (1919)". Military Wiki (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-03.