Permaisuri Fu (Ai)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Permaisuri Fu (傅皇后), resminya Permaisuri Xiao Ai (孝哀皇后), merupakan seorang permaisuri Dinasti Han.

Permaisuri Fu
Permaisuri Dinasti Han
Permaisuri Dinasti Han
Berkuasa7 SM - 1 SM
PendahuluZhao Feiyan, Permaisuri Xiao Cheng
PenerusPermaisuri Wang
Informasi pribadi
KelahiranFu Daijun
Kematian1 SM
Nama anumerta
Permaisuri Xiao Ai
(Hanzi: 孝哀皇后)
AyahFu Yan, Marquis Kongxiang
PasanganKaisar Ai dari Han

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Nama pribadinya Fu Daijun. Suaminya (mungkin hanya nama belaka, karena ia kerap tampak bersama dengan pria kesayangannya dan mungkin kekasihnya Dong Xian daripada bersamanya) adalah Kaisar Ai.

Fu Daijun merupakan putri sepupu nenek Putra Mahkota Xin. Sepupu ayahnya, Selir Fu merupakan selir Kaisar Yuan yang berpangkat Zhaoyi.

Setelah kematian Kaisar Cheng. Putra Mahkota Xin naik tahta sebagai Kaisar Ai, dan Fu Daijun dijadikan permaisurinya. Ayahnya, Fu Yan dijadikan Marquis di Kongxiang.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Tidak banyak yang diketahui mengenai kehidupan Permaisuri Fu sebelum atau setelah ia menjadi seorang permaisuri. Ia tampaknya memiliki sedikit pengaruh atas suaminya atau tokoh politik lain semasa tahun-tahunnya sebagai seorang permaisuri.

Pada saat Kaisar Ai mangkat pada tahun 1 SM, pendukung utamanya, Janda Selir Fu telah meninggal selama dua tahun. Fu Daijun tiba-tiba merasa kesepian karena ayahnya dan kerabatnya yang lain telah dibersihkan dari pemerintah oleh keponakan Ibu Suri Agung Wang, Wang Mang.

Ibu Suri Wang, masih menyimpan dendam pada Permaisuri Fu dan Kaisar Ai, tidak mengizinkannya menjadi janda permaisuri, dan tak lama setelah kematian Kaisar Ai, Ibu Suri Wang menurunkan derajatnya menjadi status rakyat biasa dan memerintahkannya untuk menjaga makam suaminya meskipun ia tidak scara pribadi terlibat di dalam intrik politik manapun. Ia tewas bunuh diri pada hari itu.

Referensi[sunting | sunting sumber]