Perbukitan Mugodzhar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Semak birch di Perbukitan Mugodzhar

Perbukitan Mugodzhar (Mugojar, Rusia: Мугоджарский хребет (Pegunungan Mugodzhar), Kazak: Mughalzhar, Mugalzhar) merupakan rangkaian pegunungan di Provinsi Aktobe di barat laut Kazakhstan dengan panjang 440 km. Perbukitan ini dianggap sebagai kelanjutan dari Pegunungan Ural dan terhubung dengan Ural Selatan oleh barisan bukit kecil Guberlinskiy. Perbukitan ini membagi dua cekungan, Laut Kaspia dan Laut Aral.

Perbukitan Mughodzhar sebenarnya panjangnya sekitar 200 km dengan lebar 30 km. Dimulai dari Sungai Or sebagai barisan sempit yang selanjutnya terbagi menjadi dua: Mugodzhar Timur dan Mugodzhar Barat. Titik tertinggi barisan ini dengan tinggi 657 meter terletak di Mygodzhar Timur, yang bernama Gunung Boktybay. Sungai-sungai besar yang mengalir dari Perbukitan Mughodzhar adalah Sungai Or, Sungai Emba dan Sungai Irgiz.

Dalam arti yang lebih luas, Mughodzhar juga mencakup sejumlah dataran tinggi dan bukit kecil, khususnya, Dataran Tinggi Ural-Tobolsk, dan Mughodzhar Utara, yang benar-benar terhubung dengan barisan bukit kecil Guberlinskiy.