Penyewa Kamar Berkerudung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Penyewa Kamar Berkerudung"
PengarangArthur Conan Doyle
SeriKoleksi Kasus Sherlock Holmes
Tanggal terbit1927
KlienMrs. Merrilow
Latar waktu1896
Penjahat
Leonardo dan Mrs. Ronder

Penyewa Kamar Berkerudung adalah satu dari 56 cerita pendek Sherlock Holmes yang ditulis oleh Arthur Conan Doyle, yang juga terdapat pada buku Koleksi Kasus Sherlock Holmes.

Plot[sunting | sunting sumber]

Holmes dikunjungi oleh Mrs. Merrilow, induk semang dari South Brixton yang memiliki penyewa yang tidak biasa karena tidak pernah menunjukkan wajahnya. Dia melihat secara kebetulan dan wajahnya begitu mengerikan. Wanita ini, yang sebelumnya sangat tenang, tiba-tiba tergganggu pikirannya sehingga berteriak "Pembunuh, pembunuh!" dan "Kau binatang kejam! Kau monster!". Selain itu, kesehatannya semakin memburuk, dan menurun.

Mrs. Merrilow telah membawa kasus ini ke perhatian Holmes sebagai penyewa, Mrs Ronder, tidak akan melibatkan para pendeta atau polisi dalam sesuatu yang ia ingin katakan. Dia telah mengatakan kepada induk semang untuk menyebutkan Abbas Parva, karena tahu bahwa Holmes akan mengerti dengan referensi ini.

Memang Holmes mengetahuinya. Itu adalah kasus yang paling tragis di mana singa sirkus yang entah bagaimana bisa keluar dan menyerang dua orang, satu di antaranya tewas, dan yang satunya luka berat. Yang terakhir ini tampaknya penyewa ini. Yang pertama adalah suaminya. Holmes sedikit menyelidiki kasus pada saat itu, tapi mungkin jika seseorang telah benar-benar mempekerjakannya, hasilnya akan berbeda. Seperti itu, pemeriksaan memutuskan bahwa kematian Mr. Ronder dikarenakan kecelakaan.

Namun, bahkan polisi setempat yang sedikit terganggu atas beberapa inkonsistensi yang tampak. Singa adalah bagian dari pertunjukan yang dilakukan Mr. dan Mrs. Ronder tepat di kandangnya, dan mereka adalah orang-orang yang memberi makan singa itu. Kenapa singa sirkus tiba-tiba menyerang? Kenapa singa sirkus juga tidak mencoba melarikan diri? Siapa pria berteriak yang didengar beberapa orang ketika seharusnya Mr. Ronder sudah mati?