Pengguntinglaut Pasifik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pengguntinglaut Pasifik
Ardenna pacifica
Pair "singing", Lady Elliot Island, Queensland, Australia
Rekaman
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22698175
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoProcellariiformes
FamiliProcellariidae
GenusArdenna
SpesiesArdenna pacifica
(Gmelin, 1789)
Tipe taksonomiArdenna
Tata nama
Sinonim taksonProcellaria pacifica (protonym) Puffinus pacificus
ProtonimProcellaria pacifica

     Nonbreeding     Breeding

Pengguntinglaut pasifik ( Ardenna pacifica ) adalah burung pengguntinglaut berukuran sedang dalam keluarga burung laut Procellariidae . Ini adalah salah satu spesies burung pencicit yang kadang-kadang disebut sebagai burung kambing, seperti pengguntinglaut jelaga di Selandia Baru dan pengguntinglaut di Australia . Ia ditemukan di seluruh Samudera Pasifik dan Hindia tropis, kira-kira antara garis lintang 35°LU dan 35°S. Ia berkembang biak di pulau-pulau di lepas pantai Jepang, di Kepulauan Revillagigedo, Kepulauan Hawaii, Seychelles, Kepulauan Mariana Utara, dan di lepas pantai Australia Timur dan Barat.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Burung pengguntinglaut pasifik adalah burung pengguntinglaut tropis terbesar. Dua warna ragam spesies ini gelap dan pucat; ragam pucat mendominasi di Pasifik Utara, ragam gelap mendominasi di tempat lain. Namun, kedua ragam tersebut ada di semua populasi, dan tidak ada hubungannya dengan jenis kelamin atau kondisi perkembangbiakan. Ragam pucat memiliki bulu berwarna abu-abu kecokelatan di punggung, kepala, dan sayap atas, serta bulu lebih putih di bawah. Ragam yang lebih gelap memiliki bulu abu-abu coklat tua yang sama di seluruh tubuhnya. Nama umum spesies ini berasal dari ekornya yang besar dan berbentuk baji, yang dapat membantu spesies tersebut meluncur. Paruhnya berwarna gelap dan kakinya berwarna merah muda salmon, dengan kaki diletakkan jauh di belakang tubuh (sama dengan pengguntinglaut lainnya) sebagai adaptasi untuk berenang.

Perilaku dan ekologi[sunting | sunting sumber]

Makanan dan pemberian makan[sunting | sunting sumber]

Pengguntinglaut pasifik memakan ikan, cumi-cumi, dan krustasea secara pelagis . Makanan mereka adalah 66% ikan, yang paling sering dikonsumsi adalah ikan kambing . Spesies ini diperkirakan sebagian besar mengambil makanan dari makanan di permukaan, namun pengamatan terhadap pemberian makan ekor baji menunjukkan bahwa pencelupan kontak, yaitu burung yang terbang dekat permukaan mengambil mangsa dari air, adalah teknik berburu yang paling umum digunakan. Namun, sebuah studi tahun 2001 yang menggunakan perekam kedalaman maksimum menemukan bahwa 83% ekor baji burung ini menyelam selama perjalanan mencari makan dengan kedalaman maksimum rata-rata 14 m (46 ft) . dan mereka dapat mencapai kedalaman 66 m (217 ft) . [2]

Pembiakan[sunting | sunting sumber]

Burung pengguntig laut pasifik berkembang biak dalam koloni di pulau-pulau tropis kecil. Musim kawin bervariasi tergantung lokasi, dengan musim kawin tersinkronisasi lebih sering terjadi di daerah lintang tinggi. Burung di belahan bumi utara mulai berkembang biak sekitar bulan Februari, dan burung di belahan bumi selatan mulai berkembang biak sekitar bulan September. Burung pengguntinglaut pasifik menampilkan filopatri kelahiran, kembali ke koloni kelahirannya untuk mulai berkembang biak pada usia empat tahun.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2018). "Ardenna pacifica". 2018: e.T22698175A132631353. doi:10.2305/IUCN.UK.2018-2.RLTS.T22698175A132631353.en. 
  2. ^ Burger, Alan E. (2001). "Diving Depths of Shearwaters". The Auk. 118 (3): 755–759. doi:10.1642/0004-8038(2001)118[0755:DDOS]2.0.CO;2.