Pemboncengan (akses internet)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pemboncengan akses Internet adalah praktik membuat sambungan Internet nirkabel dengan menggunakan layanan akses Internet nirkabel milik pelanggan lain tanpa izin atau sepengetahuan pelanggan secara eksplisit. Ini adalah praktik yang kontroversial secara hukum dan etika, dengan undang-undang yang berbeda-beda di setiap yurisdiksi di seluruh dunia. Meskipun sepenuhnya dilarang atau diatur di beberapa tempat, hal ini diizinkan di tempat lain.

Pelanggan dari suatu bisnis yang menyediakan layanan titik bersinyal, seperti hotel atau kafe, umumnya tidak dianggap membonceng, meskipun non-pelanggan atau mereka yang berada di luar lokasi yang berada dalam jangkauan mungkin saja termasuk dalam kelompok tersebut. Banyak lokasi tersebut menyediakan akses Internet nirkabel sebagai bentuk rasa hormat gratis atau berbayar kepada pelanggannya atau sekadar untuk menarik orang ke area tersebut.[1] Orang lain yang berada di dekat lokasi mungkin dapat memperoleh akses.

Pemboncengan berbeda dengan penelusuran jaringan nirkabel sambil berkendara, yang hanya melibatkan pencatatan atau pemetaan keberadaan titik akses.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Yi, Matthew (2003-08-25). "Wi-Fi hits the spot". San Francisco Chronicle. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-11-12. Diakses tanggal 2007-09-03.