Pembagian serupa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lambang pembagian serupa

Pembagian serupa (share-alike) adalah sebuah bentuk lisensi Creative Commons yang mensyaratkan pengguna ciptaan untuk menggunakan lisensi hak cipta yang sama terhadap karya yang serupa.[1] Terdapat dua macam lisensi Pembagian Serupa, yaitu CC-BY-SA dan CC-BY-NC-SA.

Hingga saat ini, Creative Commons telah mengeluarkan 4 versi lisensi CC-BY-SA, yaitu versi 1.0, versi 2.0, versi 2.5, dan versi 3.0, serta 4 versi lisensi CC-BY-NC-SA, yaitu versi 1.0, versi 2.0, versi 2.5, dan versi 3.0.[2] Salah satu pembatasan dari berbagai versi lisensi tersebut adalah setiap ciptaan turunan dari ciptaan yang ada di bawah lisensi CC-BY-SA dan CC-BY-NC-SA versi 1.0 hanya dapat dilisensikan dengan lisensi CC-BY-SA dan CC-BY-NC-SA versi 1.0 dan bukan versi lainnya.

Berbeda dengan versi 1.0, apabila lisensi yang digunakan pada ciptaan asli adalah lisensi CC-BY-SA dan CC-BY-NC-SA versi 2.0 atau versi yang lebih baru, maka ciptaan turunan dapat dilisensikan dengan lisensi CC-BY-SA dan CC-BY-NC-SA versi yang sama atau versi yang lebih baru. Hal ini menunjukkan adanya fleksibilitas pilihan lisensi CC-BY-SA dan CC-BY-NC-SA, yaitu apabila lisensi yang digunakan pada ciptaan merupakan versi yang terdahulu maka ciptaan turunan dapat dilisensikan di bawah versi yang terbaru. Walau demikian, apabila ciptaan dilisensikan di bawah lisensi CC-BY-SA versi terbaru, pada saat ini adalah versi 3.0, maka ciptaan turunan hanya dapat dilisensikan di bawah lisensi yang sama dan tidak dapat dilisensikan dengan versi lisensi yang telah ada sebelumnya.[3]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ihwal, Creative Commons Indonesia, diakses pada tanggal 17 Oktober 2011.
  2. ^ (Inggris)Share Alike - CC Wiki, diakses pada tanggal 17 Oktober 2011.
  3. ^ (Inggris)FAQ - CC Wiki, Why should I use the latest version (currently 3.0) of the Creative Commons licenses?, diakses pada tanggal 21 Oktober 2011.