Pembagi sinar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Skema pembagi sinar
1 - Sinar datang
2 - 50% Sinar yang ditransmisikan
3 - 50% Sinar yang direfleksikan

Pembagi cahaya (bahasa Inggris: Beam splitter) adalah suatu perangkat optik yang dapat membagi berkas cahaya menjadi dua. Beam splitter merupakan bagian penting dari sebagian besar interferometer. Salah satu interferometer yang menggunakan beam splitter adalah interferometer Michelson.

Dalam bentuk yang paling umum sebuah beam splitter berbentuk kubus yang terdiri dari dua buah prisma segitiga. Pada prisma tersebut, dipakai lapisan resin. Ketebalan lapisan resin disesuaikan sedemikian rupa sehingga (untuk panjang gelombang tertentu) setengah dari cahaya bisa melewatinnya dan juga sebagian lagi ditransmisikan.

Pembagi tegangan dengan lapisan alumunium.
Pembagi sinar

Pembuatan beam splitter yang lain adalah dengan menggunakan cermin setengah perak. Cermin setengah perak ini merupakan sebuah piringan kaca dengan lapisan tipis berupa aluminium (biasanya diendapkan dari aluminium uap) dengan ketebalan lapisan aluminium biasanya setengah, sinar datang pada sudut 45 derajat ditransmisikan, dan sisanya dipantulkan.

Versi ketiga dari beam splitter adalah cermin prisma dichroic yang mengunakan lapisan optik dichroic untuk membagi suatu berkas cahaya yang masuk ke dalam sejumlah berkas keluaran cahaya spektral yang berbeda. Alat tersebut digunakan tabung multi warna pada kamera televisi, kamera film technicolor, kamera CCD, dan juga digunakan dalam proyektor LCD. Beam splitter juga digunakan dalam fotografi stereo.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]