Pemasturbasi Agung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pemasturbasi Agung
Berkas:DaliGreatMasturbator.jpg
SenimanSalvador Dalí
Tahun1929
MediumMinyak di atas kanvas
AliranSurealisme
Ukuran110 cm × 150 cm (43.3 in × 59.1 in)
LokasiMuseo Nacional Centro de Arte Reina Sofía, Madrid

Pemasturbasi Agung, The Great Masturbator (1929) adalah lukisan karya Salvador Dalí yang dibuat pada zaman surealis, dan saat ini dipajang di Museo Nacional Centro de Arte Reina Sofía, Madrid.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Bagian tengah lukisan ini menampilkan wajah manusia yang terdistorsi dengan profil menghadap ke bawah, menyerupai bentuk formasi batuan alami di Cap de Creus di sepanjang pantai Katalunya.[1] Profil serupa juga terlihat dalam lukisan Dalí yang lebih terkenal dua tahun kemudian, The Persistence of Memory. Sosok wanita telanjang (menyerupai inspirasi baru Dali, Gala) muncul dari belakang kepala; ini mungkin fantasi masturbasi yang disarankan oleh judulnya. Mulut wanita itu berada di dekat selangkangan pria yang berpakaian tipis, yang mungkin menggambarkan fellatio.

Sosok laki-laki yang hanya terlihat dari pinggang ke bawah memiliki luka berdarah di lututnya. Di bawah kepala profil tengah, di mulutnya, terdapat belalang, serangga yang disebut Dali beberapa kali dalam tulisannya. Segerombolan semut (motif populer yang mewakili kecemasan seksual dalam karya Dalí) berkumpul di perut belalang, serta di wajah yang tengkurap. Dalam lanskap di bawah, terdapat tiga sosok lain, bersama dengan telur (biasanya digunakan sebagai simbol kesuburan) dan fitur-fitur lain yang jarang. Dua karakter dalam lanskap diatur sedemikian rupa untuk membentuk bayangan tunggal yang panjang, sementara karakter lainnya terlihat tergesa-gesa berjalan ke kejauhan di pinggiran kanvas. Di belakang figur kepala tengah, terlihat formasi dua batu dan pot tanaman kering, pot tanaman diletakkan di atas batu bagian bawah sambil menyeimbangkan batu lain di atasnya dengan cara yang tidak realistis. Bagian ini dianggap mewakili ide pelarian dari kenyataan yang ditemukan di banyak karya Dalí lainnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ian Gibson, "The Shameful Life of Salvador Dalí", W.W. Norton & Company, 1987. ISBN 0-393-04624-9. Page 71, pages 256 - 257, plate XIV

Pranala luar[sunting | sunting sumber]