Penyantap Kentang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pemakan Kentang)
The Potato Eaters
SenimanVincent van Gogh
Tahun1885
TipeMinyak di kanvas
LokasiVan Gogh Museum, Amsterdam

De aardappeleters, The Potato Eaters, atau Penyantap Kentang adalah sebuah lukisan karya pelukis Belanda, Vincent van Gogh. Lukisan ini dilukis pada bulan April 1885 di Nuenen,[1] Belanda dan sekarang tersimpan di Van Gogh Museum di Amsterdam.

Selama bulan Maret dan awal April 1885 ia mempersiapkan sketsa untuk lukisan, dan meminta pendapat adiknya, Theo. Namun Theo tidak tertarik sama sekali dengan karya-karyanya ataupun sketsa yang dikirimkan Vincent padanya. Vincent van Gogh mengerjakan lukisan ini dari tanggal 13 April sampai permulaan Mei, sampai hampir semua bagian selesai namun ada beberapa perubahan kecil pada tahun yang sama.

Van Gogh mengatakan bahwa ia ingin menampilkan lukisan para petani semirip mungkin dengan aslinya. Dengan sengaja ia memilih model yang bertampang buruk dan kasar, supaya bisa terlihat alami dan asli:"Saya ingin menyampaikan ide bahwa orang-orang yang sedang memakan kentang dengan diterangi lampu minyak, menggunakan tangan yang sama untuk makan dan mengerjakan lahan, bahwa mereka telah membanting tulang dengan tangan mereka—bahwa mereka mendapatkan makanan mereka dengan cara yang paling jujur." "Saya pikir lukisan tentang para petani yang sedang memakan kentang yang saya lukis di Nuenen adalah karya terbaik saya."

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ van Tilborgh, Louis (2009). "The Potato Eaters by Vincent van Gogh". The Vincent van Gogh Gallery. Diakses tanggal 2009-09-11.