Pelukis Akropolis 606

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bejana nama Pelukis Akropolis 606, sebuah dinos, ditemukan di Akropolis Athena.

Pelukis Akropolis 606 (terkadang disebut Pelukis Athena 606) adalah nama yang digagas oleh arkeolog untuk mengacu pada pelukis sosok hitam, diketahui pernah hidup tahun 570–560 SM.

Bejana namanya adalah dinos yang ditemukan di Akropolis Athena dan sekarang dipajang di Museum Nasional di Kota Athena (inventaris acr. 606).[1] Bejana ini mewakili "keseriusan baru" yang kemudian muncul dalam lukisan Attika. Pada hiasan utamanya, menggambarkan pertempuran antara prajurit dan kereta perang. R.M. Cook mengatakan:

Dalam gambar-gambar ini terdapat kekerasan dan bahkan kesuraman yang sebagian berasal dari bentuk padatnya, sebagian lagi dari tindakan terampilnya; perincian juga lebih jelas. Keanggunan pohon cemara telah memberikan penghargaan yang lebih kuat terhadap anatomi, dan ciri lengkap yang kuat membuat sosok tersebut terlihat lebih besar dari aslinya ... ini adalah mahakarya yang suram.

Jalur tambahan terdiri dari hewan, tumbuhan, dan penunggang kuda. Di bagian bawah terdapat pusaran sosok binatang yang menyerupai karya Kleitias. Kepekaan terhadap warna dan rinci juga mirip dengan seniman itu. Pelukis ini sangat memperhatikan perawakan sosoknya, dan menghabiskan banyak usaha pada perincian seperti zirah besi atau ketopong. Pelukis melukis banyak apa yang disebut "amfora penunggang", dengan perut yang lebih menonjol daripada amfora pada umumnya dan pola hiasan yang sebanding dengan Amfora Kepala Kuda.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "300754, Athens, National Museum, 15116". The Beazley Archive (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 21 November 2013. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]