Peleus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Peleus menyerahkan Akhilles pada perawatan Kheiron, lekythos berlatar putih oleh seniman Edinburgh. 500 SM, (Museum Arkeologi Nasional Athena)

Dalam mitologi Yunani, Peleus (bahasa Yunani: Πηλεύς) adalah salah seorang pahlawan. Peleus adalah putra Aiakos, raja di pulau Aigina,[1] dan Endeïs, seorang oread dari Gunung Pelion di Thessaly.[2][3] Peleus adalah ayah Akhilles. Dia dan saudaranya Telamon merupakan sahabat Herakles, mereka menemani Herakles dalam ekspedisinya menuju bangsa Amazon, dalam perang melawan raja Laomedon, dan dalam tugas pemcarian Bulu Domba Emas. Raja-raja di Epirus mengklam sebagai keturunan Peleus.[4]

Dalam mitologi[sunting | sunting sumber]

Peleus dan Telamon, saudaranya, membunuh saudara tiri mereka, Fokos. Mereka melakukannya kemungkinan secara tidak sengaja.[5] Mereka kabur dari Aigina untuk menghindari hukuman. Di Phthia, Peleus disucikan oleh Eurition dan kemudian menikahi Antigone, putri Eurition. Tetapi Peleus secara tidak sengaja membunuh Eurition dalam peristiwa perburuan Babi Kalidon.

Peleus disucikan atas pembunuhan Eurition di Iolkos oleh Akastos. Astidameia, istri Akastos, jatuh cinta pada Peleus namun Peleus menolaknya. Akibatnya, Astidameia pun membalas penolakan itu dengan mengirimkan pesan pada Antigone bahwa Peleus hendak menikahi putri Akastos. Antigone sangat bersedih dan akhirnya bunuh diri.

Astidameia lalu memberitahu Akastos bahwa Peleus hendak memperkosanya. Akasotos terpedaya kata-kata istrinya. Akastos lalu membawa Peleus berburu sambil menyembunyikan pedang Peleus. Di depan sekawanan kentaur yang datang menyerang, Akastos langsung meninggalkan Peleus. Kheiron (atau Hermes) mengembalikan pedang Peleus sehingga Peleus bisa selamat.[6]

Setelah kematian Antigone, peleus menikahi Thetis, seorang dewi laut. Peleus bisa mendapatkan Thetis berkat bantuan Proteus, yang memberitahu Peleus cara mengatasi kemampuan berubah wujud Thetis.[7] Pernikahan Peleus dan Thetis dihadiri oleh banyak dewa. Poseidon memberi hadiah pernikahan berupa dua ekor kuda abadi, Balios dan Xanthos. Pada pesta itu pulalah, Eris melemparkan apel emas yang akan berujung pada Perang Troya.

Anak Peleus dan Thetis adalah Akhilles.

Peleus menitipkan Akhilles muda pada Kheiron untuk dibesarkan dan diasuh di Gunung Pelion. Menjelang Perang Troya, Peleus memebri Akhilles baju perang khusus, tombak, dan kedua kuda abadinya untuk digunakan di Troya.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pulau ini terletak di Teluk Saronik di seberang pesisir Epidaurus. Pulau ini dulunya disebut Oinone.
  2. ^ Bersama Telamon, Peleus kadang disebut sebagai Endeid (anak-anak Endeis)
  3. ^ Pausanias, Hellados Periegesis 2.29.10.
  4. ^ Pausanias, Hellados Periegesis 2.29.4.
  5. ^ Apollonios, Argonautika, 1.93,
  6. ^ Aristofanes, Awan, 1063-1067.
  7. ^ Ovidius, Metamorphoses, 11.219-74.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]